<!----><head> Page Not Found
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rincian Perjuangan Honda Dalam Mengembangkan Usaha dan Inovasi

Usaha honda dalam inovasi dimulai dari sepeda

Daftar Perjuangan Hidup dan Usaha Honda


Sobat angkringan, ketika Jepang mengalami kekalahan pada perang dunia ke-2 tidak membuat para entrepreneur dan wirausaha di Jepang berhenti berkarir.

Masa sulit dan susah setelah perang dunia ke-2 terjadi inflasi besar-besaran di negara Jepang dimana harga bahan pangan, logam, minyak, sembako, dan kebutuhan hidup lain naik tajam sehingga membuat pemerintah dan pengusaha disana harus jeli dalam bertahan menghadapi krisis ekonomi.

Namun bangsa Jepang bukan bangsa yang lemah dan tidak berpangku tangan menghadapi krisis ekonomi, kerusakan infrastruktur, hilangnya beberapa sumberdaya alam, dll

Sehingga mendorong wirausaha disana yang salah satu bernama Sichiro Honda untuk bangkit dari keterpurukan krisis.

Honda dilahirkan pada tahun 1906 dimana dia dibesarkan di Hamamatsu, Jepang. Dari keluarga pandai besi dan bengkel sepeda.

Setelah itu Honda mulai belajar menjadi seseorang yang mempunyai segudang inspirasi dimana sewaktu kecil ilmu sains dan mesin menjadi idola dalam mengembangkan pasionnya.

Nah, ikuti kisah perjuangan hidup Honda berikut ini:

Artikel Motivasi: Motivasi Ke Jepang Part 1

Tahun 1906

Soichiro Honda lahir di Hamamatsu, Jepang. Di masa kecil dia adalah anak bungsu dan hidup dengan kehidupan yang keras dan terjal, dimana kemiskinan dan wabah penyakit menyebabkan banyak saudara Honda yang meninggal.

Pada tahun ini Honda harus membantu keluarga dengan membantu ayahnya yang bekerja sebagai pandai besi dan menjual sepeda.

Saat dia memasuki dunia sekolah Honda adalah murid paling bodoh karena dia tidak suka dengan pelajaran mengarang dan tulis menulis.

Pelajaran sains dan mesin sangat diminati oleh Honda, dimana dia memperoleh nilai terbaik dengan pelajaran itu.

Waktu kecil Honda banyak dihabiskan di bengkel dan terkadang membantu pamannya untuk mengangkat jerami di persawahan.

Sambil membantu paman di sawah Honda suka sekali mengamati mesin kincir air yang berputar dalam mendorong air dan menghasilkan daya dalam menghaluskan padi di sawah.

Sewaktu remaja Honda bergabung dengan bengkel otomotif yang paling populer di Jepang pada usia 15 tahun letaknya di Tokyo, sehingga dia diantar ayahnya untuk bekerja di Tokyo.

Bengkel otomotif yang terkenal pada waktu itu adalah bengkel Art Shokai, sebenarnya dia magang untuk mendapatkan ilmu otomotif dan mencari uang.

Tahun 1928

Mendapatkan ilmu dari Tokyo dalam perbaikan dan perawatan mesin Soichiro Honda, memutuskan kembali ke Hamamatsu untuk membuka bengkel otomotif untuk perbaikan.

Utak-atik mesin mobil membuat dia tergila-gila dengan kecepatan mobil yang melaju dengan cepat dan gesit di jalan, oleh sebab itu Honda mendesain mobil sendiri dan mampu membuat inspirasi mobil balap sendiri.

Pada tahun itu merupakan tahun pertama Honda membuat mobil balap sendiri dan dia bangga melaju dengan cepat di Jalan.


Tahun 1936

Soichiro Honda membuat rekor kecepatan untuk mobil desain dia sendiri dan dia mengalami kecelakaan saat mengikuti balap mobil.

Pada tahun ini Honda membuat hak paten pertama untuk mobil desainnya.

Dengan hak paten ring piston pertama tersebut setahun kemudian dia dipercaya Toyota dimana juga relasi otomotif yang kemudian mendirikan perusahaan Toyota.


Tahun 1937

Soichiro Honda  membangun pabrik piston ring miliknya sendiri dengan nama IBTS yaitu Industri Berat Tokai Seiki.

Dia fokus dalam pembuatan ring dan piston mobil, pada saat itu dia harus menjadi penyuplai psiton ring untuk perusahaan Toyota dimana pada saat itu Toyota mulai membangun pabrik pertama untuk mobil pada 27 agustus 1937.

Toyota didirikan oleh Kichiro Toyoda yang mendirikan pabrik perakitan mobil pertama di pusat kota Toyota, Aichi, Jepang.

Kolaborasi dan dipercaya dengan perusahaan Toyota dalam membuat ring piston mobil, Sichiro Honda tampil semangat untuk mengembangkan inspirasi mobil Honda untuk tahun kedepan.

Artikel Lain: Inspirasi Mittal Dengan Baja

Tahun 1946

Perang yang berkecamuk dari tahun 1937 sampai tahun 1946 saat Jepang membuka perang dunia di pasifik, membuat industri mesin dan pabrik pembuatan persenjataan seperti:
  • kapal laut
  • pesawat terbang
  • mesin kapal selam
  • mesin mobil meningkat tajam



Membuat Soichiro Honda mengalihkan perhatian dari ring piston mobil dialihkan ke ring piston mesin selain mobil seperti mesin pesawat terbang, mesin disel, dll

Di akhir tahun 1945, industri Jepang mengalami kemerosotan yang tajam dalam sejarah industri dan otomotif Jepang dimana Jepang pada 8 Agustus telah dijatuhi Bom Atom oleh Amerika serikat dan membuat trauma serius pada industri di Jepang.

Termasuk milik Toyota dan keberlangsungan hidup serta usaha Honda.

Tahun 1948

Soichiro Honda menjual pabrik piston ring yang bernama IBTS dengan harga 450.000 Yen dimana dia memutuskan menjual murah karena terkena dampak inflasi ekonomi yang membuat ekonomi Jepang hancur sehabis perang dunia ke-2.

Sehingga kondisi keuangan IBTS tidak dapat dijadikan usaha untuk menghidupi karyawan dan hidup Honda.

Kondisi tahun 1948 dimana Jepang berjuang dalam masa pemulihan ekonomi dan trauma setelah perang dunia ke-2, maka inspirasi Soichiro Honda untuk membuat alat transportasi umum merupakan awal dari Honda menorehkan sejarah perusahaan pertama dimana Honda didirikan pada tahun 1948.

Pendirian perusahaan Honda karena inspirasi besar dari Soichiro Honda sewaktu kecil dan ingin dia wujudkan.

Jepang saat itu sedang berjuang memulihkan kondisi ekonomi setelah hancur dan inflasi besar-besaran setelah Perang Dunia ke-2. Momen inilah yang membuat Soichiro Honda sadar bahwa masyarakat Jepang dan Dunia membutuhkan alat transportasi yang dapat diandalkan, sehingga Honda merakit sepeda dengan mesin 2-tak yang diambilnya dari mesin pemancar radio bekas.

Artikel Terkait: Sejarah Honda Dalam Hidup Susah 

Pada Agustus 1948 Honda membuat prototype sepeda yang dipasangi mesin atau dikenal kemudian dengan sepeda motor pertama yaitu
  • A-Type
  • B-Type
  • C-Type
  • D-Type

Desain Sepeda Motor Honda Tipe A

Desain pertama dari sepeda motor Honda yaitu: Tipe A Honda Sepeda Motor sebagai desain sepeda motor awal penciptaan sepeda motor untuk umum.

Lalu disempurnakan dengan desain Tipe B dan C Honda Sepeda Motor Honda dengan bentuk seperti ini

Desain Sepeda Motor Honda Tipe C
 Soichiro Honda membentuk perusahaan Honda Motor dengan manajer adalah Soichiro Honda dan untuk pembiayaan keuangan adalah Takeo Fujisawa.


Tahun 1949

Prototipe motor honda diatas akhirnya berhasil dirakit dan diciptakan dengan mesin 2 tak yang mempunyai kapasitas 98 cc, dimana disebut sebagai proyek mimpi "DREAM".

Karena desain Tipe A sampai C terlihat agak kaku dan perlu disempurnakan, maka prototipe tipe D Honda akhirnya berhasil dirakit atau disebut dengan Honda Dream atau Honda Tipe D dengan model sepeda motor beikut ini:

Sepeda Motor Dream Tipe D pertama dibuat tahun 1951

Mesin Honda menggunakan tenaga 2-tak dimana mempunyai tenaga 98 cc, dalam sebulan lebih dari seribu sepeda motor berhasil dibuat dengan mengerahkan ribuan karyawan Honda dipercaya pemerintah Jepang untuk membuat sepeda motor yang dapat dipakai sebagai transportasi umum.


Tahun 1951

Karena penjualan sepeda motor 2-tak tipe D pesat di pasaran, maka lalu - lintas sepeda motor menjadi sibuk di kota, sehingga membuat Soichiro Honda merasa terganggu dengan suara dan bau yang menyengat dimana dari knalpot mesin 2-tak banyak mengeluarkan asap.

Sehingga ide Soichiro Honda untuk mengganti mesin 4-tak terpikirkan dan model pertama mesin 4-tak dengan tenaga 146 cc berhasil dirakit dan diuji coba dimana tidak mengeluarkan asap dan bau yang mengganggu lalu lintas di kota Jepang.

Lalu perusahaan Honda membuat Dream E sebagai kelanjutan dari model Dream D yang lebih ramah lingkungan.

Sepeda Motor Tipe E atau Dream E mesin 4-tak Pertama Dalam Sejarah Honda

Artikel Terkait: Usaha Honda Mewujudkan Imajinasi Masa Kecil

Tahun 1952

Sepeda motor tipe E pertama kali dibuat dimana sebagai pelengkap sepeda motor dengan mesin 2-tak dan diberi nama dengan Seri Cub F dimana mempunyai mesin 50 cc dan harga yang lebih murah daripada sepeda motor tipe lain dan terjual 1000 lebih di toko Jepang.

Sepeda Motor Honda Tipe F atau dikenal dengan nama Seri Cub F

Merek cub yang disematkan pada mesin sepeda motor ini membuat sepeda motor tipe F ini tidak lekang oleh waktu dan merupakan trademark cub sepeda motor yang unik walaupun sampai sekarang sepeda motor ini masih sering dipakai.

Tahun 1953

Perusahaan Honda mulai mengembangkan sepeda motor aman dan nyaman untuk umum yaitu sepeda motor Benly J dengan kapasitas mesin yaitu 90 cc dan mengalami perubahan dan pembaruan dalam bidang sepeda motor dunia.

Sepeda motor Benly banyak peminatnya dimana banyak digunakan sebagai balapan sepeda motor amatir Jepang dan Benly menjadi sepeda motor paling digemari oleh kawula muda.

Tahun 1954

Soichiro Honda dengan mempunyai tim pembalap khusus yang dikelola oleh perusahaan Honda mewujudkan mimpi dalam memenangkan kejuaraan sepada motor di Isle of Man Amerika Serikat sebagai juara dengan kelas motor sport.

Dengan kemenangan pada kejuaraan balap motor tersebut, maka Honda mulai dilirik oleh Perusahaan NSU Jerman dan mereka berkolaborasi dalam penciptaan sepeda motor yang tahan dalam kecepatan tinggi (RPM tinggi) dimana perbaikan dan kualitas mesin ditingkatkan dengan bersaing dengan sepeda motor buatan Jerman yang bernama NSU Honda berhasil mendominasi kelas 125 dan 250 cc yang kemudian dari balap sepeda motor tersebut sangat berpengaruh terhadap desain mesin dan performa sepeda motor dalam kecepatan tinggi.

Tahun 1957

Perusahaan terkenal Italia yaitu MV Agusta, Gilera, dan Mondial menyatakan pengunduran diri mereka dari kejuaraan dunia balap motor karena uji coba mesin dan performa yang kalah dengan milik Honda dan perusahaan besar Amerika yang meningkatkan kualitas mesin sedemikian rupa tiap waktu.

Lalu kemudian perusahaan Honda karena menaruh simpati pada desain sepeda motor Italia, maka Honda membeli satu motor balap terakhir milik Mondial dengan tujuan sebagai sumber inspirasi dalam menentukan keberhasilan yang telah mereka capai dalam balap motor dan kesuksesan Honda mempertahankan kualitas dan performa dari sepeda motor buatannya.

Tahun 1958

Legenda Honda dalam menorehkan hasil dari balap motor dan desain kemudian lahir sepeda motor Super Cub dimana jenis motor ini sangat laris dan terjual keras di pasaran sehingga diperbaharui dengan nama lain seperti
  • C100
  • CA 100
  • Honda 50

Di Indonesia dan negara lain sepeda motor legenda seperti C100 masih banyak digunakan untuk acara club motor dimana para penggemar motor C100 mempunyai anggota yang banyak dan tidak lekang oleh jaman.

Jenis mesin sepeda motor itu adalah desain dengan kapasitas mesin 70 cc sampai 500 cc dimana dalam hal performa dan desain telah mengalahkan pesaing sepeda motor di luar negeri dimana Honda berhasil menarik simpati dari penggemar motor C100 club dan sampai kini club sepeda motor Honda C100 menjadi primadona kawula muda jaman now.

Tahun 1959

Dalam lomba kejuaraan sepeda motor Honda telah mempersiapkan 5 rider di kelas 125 cc pada balapan motor Isle of Man di Amerika Serikat dimana Naomi Tanaguchi berhasil meraih hasil yang terbaik dengan tim Honda mendapatkan tropi juara umum.

Keberhasilan Honda dalam kejuaraan dunia sepeda motor disebabkan oleh penelitian dari waktu-ke waktu dalam meningkatkan mesin dan performa dalam menunjang kecepatan, kesetabilan dan kenyamanan dalam mengendarai kenderaan bermotor.

Sebagai pesaing Honda, perusahaan otomotif menaruh simpati dengan perusahaan Jepang yang lebih unggul dalam kecepatan dan perfroma.

Maka pada tahun ini perusahaan American Honda Motor pertama kali berdiri dengan kota yang dipilih sebagai pusat Honda Amerika adalah kota Los Angeles.

Banyak kawula muda dan hobi otomotif di Amerika yang menyukai sepeda motor buatan Jepang dan mereka memuji dengan ketangguhan mesin dan performa, selain itu Honda juga membuka bengkel resmi dan menyiapkan suku cadang untuk perbaikan sepeda motor agar pengguna Honda dapat dilayani dengan penuh senyuman.

Hal itulah yang menyebabkan Honda terkenal di Amerika dan Eropa sebagai pemasok sepeda motor yang handal dan dapat dipercaya oleh umum.

Tahun 1961

Kejuaraan balap sepeda motor telah banyak membuat Honda berubah baik kualitas, desain dan performa dimana pada tahun ini Honda berhasil memenangkan kelas 125 cc dan 250 cc di Amerika.

Pembalap Honda yaitu Mike Hailwood sukses dan berhasil memenangkan kejuaraan balap sepeda mototr dan dia dua kali memenangkan balapan dengan finish diurutan pertama dan mencatatkan rekor Honda bahwa sepeda motor Jepang berhasil menjadi yang terbaik di ajang balap sepeda motor yang diselenggarkan di Amerika.

Tahun 1963

Kesuksesan Honda tidak hanya dengan sepeda motor, namun Honda telah mulai membuat inovasi baru dengan mobil balap yang didesain khusus untuk balapan yaitu lahirnya mobil F1 atau disebut juga mobil formula one.

Sebenarnya mobil formula one ini hanya digunakan untuk sampel balapan mobil untuk mengetahui nilai kecepatan, akselerasi di tikungan dan perfoma dalam meningkatkan kecepatan dari nol speed (kecepatan nol ke kecepatan 100)

Sehingga dengan lahirnya Formula one atau F1, maka penjualan mobil Honda juga naik tajam di pasaran, dimana predikat mobil terbaik untuk balapan mengacu pada formula one sebagai mobil sampel test drive.

Selain sebagai ajang balapan mobil formula one, promosi mobil Honda

Tahun ini, Honda fokus pada balap mobil F1, membuat program balap motor merana. Meski begitu, penjualan motor tetap stabil, terutama setelah Super Cub memeroleh banyak prestasi dan penghargaan di berbagai negara, baik sebagai sepeda motor terbaik maupun sebagai produk dengan promosi terbaik.

Tahun 1964

Sepeda motor 2-tak mengalami kenaikan penjualan dimana banyak digunakan sebagai sepeda motor kelas balap menengah dimana sepeda motor ini banyak pemionatnya karena daya tarik kecepatan yang berbeda dengan mesin 4-tak saat dipacu saat test drive sepeda motor di lapangan balap.

Kelas 2-tak dan 4-tak banyak dilombakan Honda dalam uji balapan dimana Honda berhasil memproduksi mesin baru yang bertenaga 250 cc dengan tipe 3RC164 dan seringkali juara karena performa mesin ini stabil saat panas dan tetap berlari kencang walaupun dengan rpm tinggi.


Tahun 1968

Pada tahun ini nilai penjualan sepeda motor Honda mengalami kenaikan yang signifikan dimana lebih dari 10 juta motor telah dijual kedalam maupun keluar negeri.

Keuntungan dalam penjualan motor Honda ini mampu membuat perusahaan Honda mendapatkan best seller dari lembaga luar negeri di Amerika dan Eropa sebagai negara produsen motor terbaik dunia.


Tahun 1969

Dalam tahun ini produksi desain motor telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, dimana motor jenis CB laku keras di pasaran pada awal tahun 1969 dimana motor CB750 merupakan jenis motor yang disukai pria karena idaman wanita.

Pada pembukaan Motor Show pada tahun 1969 di Tokyo peminat dari luar negeri juga menginginkan motor CB dengan seri itu banyak dikoleksi oleh para otomotif.


Tahun 1970

Pada awal tahun 1970 Honda mulai melirik para raider yang berbakat untuk balapan di Dayton 200 dimana sepeda motor CB750 didaftarkan di perlombaan dengan diwakili 4 pembalap sebagai ajang gengsi dengan pembalap Amerika.

Lalu pada tahun ini Honda juga mendirikan pusat perawatan dan suku cadang resmi Honda kepada masyarakat dunia, agar sepeda motor yang akan dilombakan harus di service di pusat service Honda Racing.

Dengan layanan tersebut raider Honda yang bernama Dick Man berhasil memperoleh kemenangan di lapangan balap Daytone pada tahun 1970.

Namun hanya Dick man saja yang berhasil lolos ke podium dan ketiga raider belum mampu menorehkan hasil dalam ajang perlombaan Daytone.

Tahun 1972

Tahun ini Honda mengeluarkan CBR250R dimana mempunyai kelas 250 cc dan masih menggunakan mesin 2-tak.

Dalam kelas 2-tak ini Honda berhasil menorehkan dengan Gary Jones memenangkan AMA Motorcross Championship dengan torehan hasil yang memuaskan.

Mesin motor 250 cc dengan 2-tak ini mampu membuat CBR memperoleh hasil performa dimana mesin 2-tak kembali diproduksi lagi, namun pandangan Honda hanya digunakan untuk balapan saja dan tidak digunakan di jalan raya atau jalan umum.


Tahun 1973

Pada tahun ini Soichiro Honda melihat bahwa generasi muda dan berbakat harus memegang manajerial dalam perusahaan.

Soichiro Honda mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Honda namun tetap berada dalam jajaran direktur perusahaan Honda, dan mendapatkan titelnya sebagai Supreme Advisor pada tahun 1983.

Tahun ini adalah masa dimana Honda harus pensiun dan semua kegiatan prosedural dalam perusahaan ditangani oleh orang muda yang dia percayai.

Namun untuk masalah teknis Soichiro Honda tetap menjadi tempat untuk rujukan disaat perusahaan Honda mendapat masalah.

Tahun 1974

Honda melakukan inovasi dengan sepeda motor dengan tipe Gold Wing, GL1000.

Pada tahun ini sepeda motor GL pertama kali diluncurkan.

Sepeda motor GL ini merupakan jenis sepeda semi sport yang bermesin 4-tak pertama dengan teknologi water-cooled dan pompa bahan bakar.

Sistem water cooled pertama dikenalkan pada tahun ini, dimana memasukkan cairan oli tambahan pada mesin untuk pendingin agar performa motor tidak turun saat digeber dalam rpm tinggi dan waktu yang lama.

Ternyata inovasi baru Honda ini mendapat respon positif dimana mesin dengan silinder diatas 200 cc harus menggunakan water cooled agar tidak drop saat dipacu dalam kecepatan tinggi.

Tahun 1978

Tahun ini merupakan tahun dimana Gran Prix untuk kejuaraan balap sepeda motor kelas 500GP pertama kali resmikan.

Pada tahun ini perusahaan Honda mengganti dan memperkenalkan Piston yang berbentuk Oval, dimana dapat meningkatkan performa dan kecepatan saat melaju dalam kecepatan tinggi.

Namun dalam menggunakan oval piston untuk motor NR500, dalam kejuaraan balap motor belum mendapatkan hasil dimana torsi dan akselerasi juga harus diperhatikan.

Sehingga pada tahun ini Honda gagal dalam kejuaraan balap motor dunia dalam kelas 4-tak.


Tahun 1981

Honda mulai memikirkan untuk memindah sebagian aset untuk perakitan dari Jepang ke Ohio Amerika Serikat.

Motor dengan lambang Gold Wing dipindah dari Jepang ke Ohio dengan tujuan untuk mempercepat penjualan dan perakitan sepeda motor di pabrik baru yaitu Ohio Gold Wing Honda.


Tahun 1983

Dalam sejarah motor 500 cc Honda berhasil memenangkan kejuaraan balap motor dengan pembalap bernama Freddie Spencer dimana hal tersebut diluar dugaan Honda bahwa kelas 500 cc memang cocok untuk balapan di ajang kejuaraan dunia.

Hal tersebut sangat menginspirasi Honda untuk mengembangkan prototipe baru yaitu CBR600F Hurricane yang mempunyai 4 silinder.


Tahun 1987

Dengan adanya prototipe pada tahun sebelumnya kemudian Honda mulai merakit motor yang bernama CBR600F Hurricane, dimana jenis motor ini untuk sport.

Keunggulan sepeda motor ini mampu menorehkan hasil terbaik saat performa tinggi dan body yang stabil mampu mengimbangi mesin dan kecepatan.


Tahun 1991

Pada 5 Agustus tahun 1991 dunia telah kehilangan sang kreator dan inovator dalam dunia otomotif yaitu Soichiro Honda.

Dimana dia menghembuskan nafas terakhir dan meninggal pada usia 84 tahun akibat penyakit liver dan banyak orang kehilangan serta perusahaan Honda dan otomotif dunia berduka atas kematian Soichiro Honda.

Tahun 1992

Produksi Honda dengan sepeda motor NR750 berhasil diproduksi dan hanya di jual dalam limited edition dimana edisi terbatas dan berhasil menorehkan hasil yaitu 60 ribu dolar per sepeda motor.

300 unit motor legendaris NR750 diproduksi, namun komposisi rakitan yang menggunakan oval silinder yang membuat perusahaan Honda mendapatkan aplouse dari pecinta otomotif dunia, dimana menggabungkan mesin2-tak dan 4-tak memang susah dan mempunyai presisi yang bagus apabila jenis piston oval mampu membuat semua itu mungkin.

Tahun 1993

Tahun ini CBR900R berhasil diproduksi Honda dan di uji coba dalam balapan dunia dengan desain langsung dari Tadao Baba dan ternyata mampu memberikan performa dan keunggulan saat melesat di lapangan balap.

Keunggulan dari CBR ini adalah kombinasi Fire Blade dimana perpaduan  mengombinasikan kekauatan dan berat dari grip dimana mampu meningkat kecepatan dan stabil saat dipacu ditempat balap.


Tahun 2001

Pada tahun ini pembalap bernama Valentino Rossi memenangkan kejuaraan balap motor dunia kelas 500cc dengan NSR500 bermesin 2-tak dan dia menjadi pembalap terkahir yang memenangkan balapan dengan mesin tersebut.

Rekor dunia juga ditorehkan oleh Valentino Rossi dalam balapan 2-tak dan 4-tak, namun untuk Honda Rossi hanya memenangkan kejuaraan dengan menggunakan NSR500 bermesin 2-tak.

Tahun 2002

Honda masih mampu memenangkan rekor balap dunia atau MotoGP dengan kelas 990 cc dengan 5 silinder dan yang menguasai adalah jenis motor RC211V dengan mesin 4-tak.

Keunggulan dari sepeda motor ini berhasil di lakukan oleh Valentino Rossi dalam melakukan akselerasi di lapangan balap dunia.\

Tahun 2003

Rossi berhasil menorehkan triple winner dalam balap dunia atau motoGP selama 3x dari tahun 2001, 2002 dan 2003 dengan Honda yang merekrutnya.

Namun pada tahun setelahnya Valentino Rossi pindah ke Yamaha.

Tahun 2006


Pembalap Nicky Hayden berhasil memenangkan balap motor atau Moto GP dimana Honda maampu meningkatkan performa dan kualitas dari mesin motornya.

Tahun 2011


Dalam beberapa tahun Honda kalah dengan klub Yamaha, namun untuk tahun ini Casey Stoner, berhasil memenangkan perjuangan dalam balap moton GP dan Honda berhasil meraih kemenangan.

Tahun 2013


Mac Marquez menjadi juara dunia moto GP dan mengaharumkan tim Honda di balap internasional moto GP dimana adu gengsi menjadi salah satu faktor keberhasilan perusahaan motor dalam memperkenalkan produk dan kualitas mesin.

Artikel Terkait: Manajerial Dalam Perusahaan Honda

Tahun 2014 -2017


Mac Marquez menjadi pemenang dalam moto GP 2014 yang satu tim dengan Honda dimana dia menyabet gelar triple winner dalam balapan GP.

Performa Honda mengalami kemajuan pesat dengan motor RC213V dimana Mac Marquez menjadi juara dunia moto GP.


Dengan keberhasilan itu, maka Honda telah mengalami beberapa perkembangan, baik kegagalan, keberhasilan, inovasi untuk performa mesin dan kenyamanan pengendara, maka Honda menjadi perusahaan yang berkelas dunia dalam memproduksi sepeda motor.

Rincian perjuangan Honda ini, mampu membuka pikiran Anda untuk lebih melakukan inovasi dan pengembangan diri ke arah yang lebih baik.

Sekian.