<!----><head> Page Not Found
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Honda Dalam Mewujudkan Imajinasi Sewaktu Kecil


Pengalaman Honda Melihat Mobil

Dalam pelajaran di sekolah Honda sangat tertarik dengan pelajaran mesin dimana sewaktu dia masih kecil dia pertama kalinya Soichiro Honda melihat mobil, dalam pandangannya Honda melihat suatu benda aneh yang pertama dia baru lihat melaju kencang di jalan.

Dalam pikirannya Honda sempat mengejar mobil itu dan berhasil mengejar mobil itu dari belakang dimana saat berhenti mobil itu, mengeluarkan pelumas dan menetes beraturan ke atas tanah.

Lalu Honda mencium bau pelumas dan bau bensin yang wangi, lalu dia menyentuh tanah yang basah oleh pelumas itu.

Barangkali kelakuan Honda mirip seperti gaya anjing. dimana pelumas itu dia usapkan ke tangan serta lengan dan pengalaman ini merupakan pertama kali dia lihat dalam hidupnya.

Lalu Honda menyentuh tiap sudut mobil itu dan berkeinginan dalam hati kelak dia dapat membuat benda yang dikenal itu seperti mobil dan kemudian pemilik mobil ngobrol ringan dengan dia.

Mobil sudah masuk Jepang pada tahun 1925 dimana kampung-kampung mulai kedatangan mobil, setiap ada kendaraan mobil yang lewat dia dan adiknya keluar rumah dan bersorak-sorak kegirangan karena mobil merupakan suatu yang istimewa bagi dirinya.

Pengalaman Honda di Sekolah

Soichiro Honda cuma merasakan duduk di bangku sekolah sepanjang sepuluh tahun dan Sesudah lulus SD, anak nakal itu dikirim ke sekolah menengah pertama di Futumata yang tak jauh dari kediamannya.

Lulus dari sekolah menengah dia pulang ke rumah ayahnya dan membantu ayahnya di bengkel sepeda injak.

Ayahnya Gihei Honda telah beralih dari pandai besi menjadi pengusaha bengkel sepeda dan ayahnya dan masuk kedalam majalah ternama dengan nama The World of Wheels yang dibaca Soichiro Honda dengan penuh minat dan cermat membaca kata-perkata dari majalah itu.

Artikel Lain: Inspirasi Laksmi Mittal Dengan Baja


Di majalah itu dia membaca juga bahwa ada bengkel mobil dari Tokyo yang sedang mencari karyawan dan dibaca oleh Honda dengan seksama.

Honda berinisiatif dan secara kilat dia mulai mendaftar pekerjaan itu dan mulai untuk melamar serta dia diterima secara langsung oleh perusahaan itu.

Namun ayahnya khawatir jika Honda tidak bisa bekerja dengan baik dan belum mengenal kota besar, maka ayahnya mengantar dia pergi ke kota itu untuk melamar pekerjaan.

Honda hampir tidak percaya terhadap telinganya bahwa Honda merasa saat menunggu lama dia akan dipanggil untuk melakukan ujian menjadi montir dan hal itu benar-benar merupakan ujian ketabahan yang paling berat, yang pernah dihadapinya seumur hidupnya.

Sehabis itu dia melewati masa-masa yang indah dimana dia mulai tidak menjadi takut menghadapi rintangan apapun dikarenakan berkah ketabahan yang didapatkan saat menjadi karyawan di Tokyo.


Karir dan Uang

Dalam hidup Honda dia tidak tahu tentang karir dan uang yang sepanjang karirnya dia tidak tahu banyak tentang uang, hanya memperoleh keuntungan sedikit sekali pada tahun pertama itu dan dia merasa beruntung bahwa sukses dalam pembuatan mobil.

Pada suatu waktu dia membuat keputusan yang besar dalam melakukan perencanaan dan mulai menabung serta menghitung perolehan yang dia dapat sepanjang waktu kerjanya.

Dia mempunyai mimpi kecil yaitu dia akan dapat mengumpulkan sampai 1000 yen pertama dalam usaha honda dalam mewujudkan mimpi sewaktu kecil dan akan membuat mobil dan sepeda motor namun usahanya ternyata berhasil.

Artikel Motivasi: Motivasi Ke Jepang Part 1

Berkat usaha dan mimpi sewaktu dia masih kecil dia akan menjadi seorang besar yang dalam hidupnya Honda akan menemukan suatu karya yang besar dan dia sangat terkenal sebagai inventor dimana dia banyak memegang hak cipta atau paten lebih dari 100 penemuan pribadi.


Imajinasi dan Penemuan Honda

Mimpi adalah kunci dalam meraih sesuatu keberhasilan besar dalam hidup.

Mimpi yang membawa Honda seperti sekarang ini dimana dalam mimpi, ide, usaha dan lingkungan yang mendukung membuat dia menjadi orang yang sukses dan bangun dari imajinasi kecil menuju kesuksesan selama hidupnya.

Imajinasi dan mimpi Honda ternyata menjadi seorang penemu dan mematenkan lebih dari 100 karya dalam menciptakan mobil, sepeda motor dan perlatannya mesin lainnya.

Berawal dari penemuan yang pertama yaitu ditemukan metode pembuatan jari-jari mobil dari logam dan ternyata cukup diminati oleh perusahaan besar di Jepang dan diluar Jepang.

Perusahaan besar di India memesan jari-jari logam dari perusahaan Honda dengan upah jasa pembuatan sebesar 1000 yen dalam sebulan.

Ketika itu mobil-mobil di Jepang memakai jari-jari kayu yang gampang terbakar. Perusahaan-perusahaan Jepang dengan cepat mengekspor jari-jari logam itu sampai ke India. 


Usia Honda sewatu itu masih berumur 25 tahun dan dia sudah bisa menghasilkan uang sebesar itu dan ternyata mimpi dan imajinasinya menjadi nyata.

Kunci Kesuksesan Honda adalah:
  1. Mimpi
  2. Imajinasi
  3. Keuletan
  4. Minat yang tinggi
  5. Bakat yang selalu diasah
  6. Lingkungan yang mendukung untuk berkembang
  7. Partner kerja yang bisa diandalkan
  8. Pintar membaca peluang usaha
  9. Melihat kondisi diri dan tidak takut menghadapi tantangan dan rintangan
  10. Suka menabung dan tidak boros

Artikel Terkait: Rincian Perjuangan Honda

Dari 10 kunci yang kami rangkum ini membuat Honda meroket menjadi seseorang inventor dan entrepreneur muda yang sukses dalam karir dan usaha.

Semoga inspirasi ini dapat menggugah hati dan minat Anda dalam menjadi landasan dasar dan memacu Anda untuk bangkit lebih bergairah lagi.