<!----><head> Page Not Found
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inspirasi Sergey Brin dan Larry Page dalam Mendirikan Google Inc



Berawal dari garasi kecil dan berantakan Sergey Brin dan Larry Page membuat kejutan dunia, bahwa pendirian google menjadi titik kebangkitan era teknologi komunikasi yang mengglobal.

Siapa yang tidak tahu dengan google ?

Hampir semua orang di seantero dunia mengenal google dan menggunakan fasilitas itu hampir setiap hari, dimana penggunaan google sudah merebak mulai dari gadget sampai mobil teknologi hybrid.

Siapa Pendiri Google?


Larry Page


Larry Page lahir tahun 1973 di Lansing, Michigan, Amerika serikat, Orang tua bernama Carl Vincent Page, adalah seorang profesor ilmu komputer di Universitas Michigan dan Gloria Page, yang merupakan guru pemrograman komputer di Universitas Michigan.

Setelah lulus dari East Lansing High School, Larry page belajar dan mendapatkan gelar Bachelor of Science di bidang rekayasa komputer dari University of Michigan dan melanjutkan studi program Master di Universitas Stanford.

Sergrey Brin


Sergey Brin lahir di Moskwa, Rusia. 21 Agustus 1973. Pada tahun 1979, keluarga Brin memutuskan untuk pindah ke Amerika, yaitu pindah ke Marryland, Amerika serikat.

Sergrey brin bersekolah SD hingga SMP di Paint Branch Montessori School. dan SMA di Eleanor Roosevelt. 

Sergre Brin mendapatkan gelar master di University of Marryland bidang matematika. dan dia mendapat beasiswa untuk belajar di Stanford Univesrsity. namun, Da harus merelakan gelar doctor-nya demi fokus pada Google.

Pertemuan tanpa disengaja dari Larry Page dan Sergey Brin di Universitas Stanford. Pada Januari 1996, membuat mereka menjadi tim yang solid dalam mengembangkan mesin search enggine yang diberi nama Black Rub.  

Larry dan Sergey sebelumnya pernah menawarkan proyek mereka dengan Alta Vista, namun ditolak dengan alasan perusahaan induk Alta Vista yaitu Digital Equipment Corp tidak suka bergantung pada orang dari luar perusahaan.

Siapa Investor Google?


Larry Page dan Sergrey Brin mulai mencari Investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi mesin pencari mereka. Alhasil mereka mendapatkan suntikan dana dari Andy Bechtolsheim teman kampus mereka yang sekaligus pendiri Sun Microsystem. Sebuah cek senilai $ 100.000 digelontorkan, yang aneh dari cek itu tertulis dana setoran atas nama Google yang bahkan pada saat itu belum didirikan oleh Sergey dan Larry.

Investor di Silicon Valley, Michael Moritz (Sequa Capital) dan Jhon Doer (Kleiner Perkins) akhirnya bisa diyakinkan oleh Sergrey Brin dan Larry Page bahwa mesin pencarian ini sangat bagus dan hebat dalam pencarian data, sehingga investor itu menyuntik modal senilai $12,5 juta dolar ke perusahaan Google yang pada tanggal, 7 Desember 1998 ini didirikan.

Kantor pertama Google adalah sebuah ruang garasi rumah teman mereka di Menlo Park, California. Pada tahun 1999, Google pindah ke kantor di 165 University Ace Palo Alto California sebelum akhirnya pindah ke Googleplex pada akhir tahun tersebut.

Larry dan Sergey terus menjalankan mesin pencari Google hingga tahun 2001. Setelah itu mereka merekrut Eric E. Schdimt untuk menjadi ketua umum dan CEO Google.
Google kini menjadi perusahaan yang paling berpengaruh di Internet, termasuk karena Blogger.com sudah mereka kuasai.

Googleplex menjadi tempat kerja yang sangat nyaman, karena dilengkapi sarana dan prasarana yang lengkap seperti kolam renang, bar, billiard room, futsal, voli pantai, makanan gratis, minuman kesehatan cuma-cuma, dan cemilan yang melimpah. 

Bagaimana Cara Google Memperlakukan Karyawan Mereka


Karyawan google diperbolehkan untuk mengenakan kaos dan celana jeans, sehingga apabila karyawan datang ke googleplex dan melihat seseorang yang mengenakan pakaian resmi, jas dan sebagainya, hampir dipastikan bahwa yang datang adalah seorang tamu, bukan karyawan google.

Perusahaan Google menerapkan suatu sistem kepada karyawan yaitu 20% waktu kerja mereka bebas untuk mengerjakan apa yang di minatinya dan dalam 1 minggu sehari. Sehingga kreativitas karyawan meningkat, dan lahirlah seperti misal google earth, google map, google  dll. Dengan begitu google sangat konsen pada Sumber Daya Manusia yang mereka miliki.

Di balik itu, Google juga melakukan kerja-kerja filantropis ( sosial ) dengan mendirikan Google.org. Misi dari organisasi itu adalah membantu kampanye soal perubahan iklim, pemanasan global, juga kesehatan dan kemiskinan global. Direktur dari Google.org ini adalah Dr. Larry Brilliant.

Artikel Lain:


Inspirasi Sergrey Brin dan Larry Page

Larry Page dan Sergrey brin menjadikan google sebagai mesin penghasil uang dan membuat dunia menjadi cerdas, dengan milyaran artikel yang beredar di mesin pencarian google, setiap orang diberi kebebasan dalam mendapatkan informasi pengetahuan dan wawasan tentang semua informasi dunia.


Harapan Sergrey Brin

Ingin dunia ini berubah lebih baik lagi dan memberikan akses termudah dan termurah dalam mendapatkan informasi dunia.

Kekayaan yang dimiliki Sergrey brin tidak membuat Sergrey Brin lupa diri. Dia ikut menyumbangkan dana sampai  $ 160 juta untuk riset penyakit Parkinson.

Proyek ini sangat penting bagi Brin, keluarganya banyak yang mengidap penyakit 'pikun' atau Parkinson, termasuk bibi dan ibunya. Dari hasil tes,

Sergrey Brin disinyalir bakal mengidap penyakit Parkinson. Sehingga kepedulian Brin akan kesehatan penyakit Parkinson telah menjadikan dia sebagai inspirator kesehatan masyarakat dunia.


Harapan Larry Page

Pada dasarnya kami ingin menjadikan arus informasi sebagai sesuatu yang diakses secara menyeluruh dan berguna.

Mesin pencarian akan mengerti segala sesuatu kejadian di dunia dan akan memberikan sesuatu yang benar.