<!----><head> Page Not Found
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Sih Anjuran Larangan Baca Cepat

Anjuran belajar membaca cepat


Baca cepat memang diperlukan kita supaya membaca ini mudah dan tidak membuang-buang waktu serta energi.

Membaca dengan cepat itu ada larangan dan anjuran supaya Anda mengerti bahwa dengan mematuhi aturan sederhana ini membaca jadi mengasyikkan.

Anjuran baca cepat

1. Baca satu paragraf cepat

Coba baca tiap paragraf lalu lihat kalimat dengan cepat penuh semangat hal ini bisa meningkatkan semangat Anda dalam membaca.

Seseorang yang terbiasa membaca cepat satu paragraf dalam hitungan milidetik mampu meningkatkan kualitas dalam membaca itu menjadi mengasyikkan.


2. Baca dengan konsentrasi

Membaca jika ada gangguan dari luar tentu saja mengganggu pikiran Anda untuk konsen.

Sebelum baca coba stabilkan dulu emosi dan rileksasi kan otot Anda supaya kita lebih fokus dalam membaca.

Hindari gangguan itu dan mulailah membaca dengan serius.

Konsentrasi ini diperlukan untuk memahami rangkaian kata-kata yang Anda pindai sewaktu Anda  membaca. Hal ini bertujuan untuk apa yang ingin Anda capai dalam membaca terwujud dan tidak mengalami ambigu.

Ambigu dalam membaca pada umumnya disebabkan oleh kurang konsentrasi sehingga kalimat yang kita baca terkadang tercampur dengan persepsi pikiran lain kita di dalam otak.

Pernahkah melamun dalam membaca? Ya, itu adalah kondisi antara pikiran sadar dan bawah sadar tercampur. Hasilnya saat kita kurang konsentrasi kalimat bacaan menjadi Miss understanding dan terlihat ambigu.

Otak akan melakukan analisa mengenai bacaan itu. Kemudian otak memproses kata, kalimat, paragraf menjadi suatu rangkaian yang bermakna dan jika kita konsentrasi akan menghasilkan pemahaman dalam mencerna maksud dari rangkaian kata dalam bacaan itu.

Namun jika kita tidak konsen kita akan kehilangan persepsi mengenai bacaan itu.

Hasilnya menjadi ambigu.


3. Ambil poin penting

Setidaknya Anda harus mencatat poin penting dalam buku bacaan Anda jangan sampai poin penting itu terlewat saja.

Tujuan mengambil poin intisari ini bertujuan untuk memahami struktur kalimat yang bisa di pecah menjadi beberapa bagian penting.

Lalu bagian penting itu di jabarkan lebih jelas sehingga susunan rangkaian kata itu kaya dengan kosa kata.

Mengambil poin penting itu dianjurkan dalam membaca cepat.


4. Ikuti Alur Cerita

Membaca alur cerita bertujuan untuk menggabungkan bagian-bagian cerita yang kita baca saling berkaitan.

Pada umumnya antara bab 1 dengan bab lainnya saling mendukung dan terkait nah membaca dengan tidak loncat-loncat akan memahami alur cerita bacaan itu.

Misalnya, Anda membaca dari bab 1 sampai selesai lalu melanjutkan baca di bab 2, hal itu bertujuan mengetahui alur cerita tidak terpotong yang mengakibatkan ambigu jika kita baca cepat dengan metode loncat-loncat.

5. Gunakan stopwatch

Coba deh gunakan stopwatch agar Membaca menjadi ukuran berapa lama Anda bertahan dalam membaca.

Lainnya Anda harus mempunyai waktu capaian  sewaktu membaca hal ini bertujuan agar Anda bisa menghemat waktu dengan benar dan tepat.



Larangan Membaca cepat


1. Membaca menggerakkan bibir

Menggerakkan bibir saat bicara tentu akan mengurangi kecepatan pikiran kita dalam memindai kata.

Sebab mengimbangi kecepatan bibir dalam memindai kata-kata justru menurunkan kemampuan otak dalam memindai kata dengan cepat.


2. Membaca dengan suara

Suara juga akan mengurangi kecepatan otak dalam memindai kata-kata karena dengan suara maka kita secara tidak langsung mengeja kata perkata dan menyesuaikan prononsasi kata atau penekanan kata dengan suara.

Coba Anda baca cepat dengan suara dan hilangkan prononsasi kata, hasilnya pasti suara itu kelihatan ambigu, otak akan menyesuaikan kecepatan dalam membaca.

Hasilnya suara menjadi cempreng dan ambigu.


3. Berulang kali menunjuk kata dengan jari

Seseorang yang terbiasa membaca dan menggunakan jari untuk mengeja bacaan tentu menurunkan kecepatan otak dalam memindai kata.

Hal ini secara tidak langsung jari tangan kita dipaksa untuk mengeja tiap kalimat dan meninggalkan naluri baca cepat kita.


5. Mengeja berulang kali kata asing

Coba lupakan membaca cepat dengan mengulangi kata-kata asing yang sulit diucapkan.

Mengulang kata-kata asing ini secara tidak langsung membaca dengan mengeja kata. Tentu hasilnya adalah kemampuan naluri otak dalam membaca dengan kecepatan akan menurun.

Regresi adalah kemunduran dalam membaca cepat.

Dengan mengabaikan kata-kata asing akan menghemat waktu baca Anda menjadi lebih efektif.