<!----><head> Page Not Found
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Belajar Praktis Agar Masuk Ke Otak

Metode belajar praktis agar masuk ke otak


Banyak dari kita kesulitan dalam belajar yang baik dan benar dimana belajar dengan tepat akan memudahkan kita dalam mencerna setiap pelajaran yang diberikan.

Berbicara mengenai belajar tepat ini juga akan berpengaruh pada mood seseorang dimana ada saatnya kita menjadi malas untuk belajar dan ada kondisi tertentu dimana kita menggebu-gebu untuk belajar karena semangat.

Tapi perlu diingat jika tiap hari mood kita menjadi malas maka akan mempengaruhi prestasi dan kerja kita dalam belajar. Tentu hal ini harus ada strategi yang tepat dalam belajar.

Cara Belajar Praktis Mudah Mengingat


Sebelum kita belajar yang tepat harus diketahui dulu faktor penghambat dalam belajar, misal minat mempelajari sesuatu, materi pelajaran yang berat dan perlu intelejensi yang tinggi dalam belajar dan faktor mood juga berpengaruh juga.

Dengan mengenali faktor penghambat dalam diri kita sendiri maka solusi yang tepat dalam belajar akan bisa diatasi.

Penyebab Belajar tidak masuk ke otak


Faktor penyebab kita terhambat dalam belajar disebabkan oleh faktor berikut ini:

Faktor penghambat dari dalam diri


1. Kebanyakan bermain

Bermain yang banyak menguras waktu dan tenaga menyebabkan tingkat konsentrasi kita menjadi menurun.

Salah satu tanda konsentrasi menurun adalah susah mencerna pelajaran di sekolah bisa juga susah dalam belajar di kampus dan kantor.

Sebab badan kita mulai jemu dan tubuh kita memerlukan waktu untuk istirahat panjang atau tidur untuk mengisi kekosongan daya tahan tubuh kita (kehilangan energi).

Jika dipaksakan kita tidak istirahat setelah bermain berjam-jam tanpa jeda istirahat mustahil tubuh dan otak kita mencerna materi pelajaran.

Misal:

Kita bermain game online di hp lebih dari 6 jam lalu coba untuk belajar, maka konsentrasi Anda pasti menurun dan daya tahan tubuh Anda dalam memahami materi pelajaran akan buyar.

Baca: Sekolah Kehidupan adalah belajar membaca

2. Faktor minat

Tidak semua pelajaran di sekolah dan kampus disukai oleh siswa, sebab minat seseorang itu cenderung berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya.

Ada siswa A suka pelajaran Matematika karena ilmu itu ilmu pasti, ada siswa B tidak suka pelajaran matematika karena sudah menghitung dan suka pelajaran biologi.

Faktor minat ini juga bisa menghambat seseorang untuk belajar, sedangkan di sekolah semua siswa dituntut untuk bisa, mana mungkin semua dipelajari dan dimengerti tanpa belajar dengan tepat.

3. Kondisi Bad Mood

Ketika kita dihadapkan dengan mood yang labil maka dalam kondisi itu proses belajar akan terhambat dan mencerna suatu pelajaran akan susah untuk dimengerti.

Misal, ketika kita sedang galau disuruh belajar Fisika dengan rumus yang njlimet dan dasaran kita belum kuat, maka yang timbul adalah ngedumel (menggerutu). Karena Bad Mood.

Baca: Motivasi Belajar saat kehilangan mood

Kondisi demikian memaksa siswa untuk menunda belajar sampai kondisi mood menjadi stabil dan segar pikirannya kembali.

4. Faktor Intelejensi

Kecerdasan satu orang dengan lainnya berbeda dalam memahami dan mencerna pelajaran di sekolah.

Anak yang mempunyai intelejensi tinggi akan mudah dan cepat menguasai materi pelajaran daripada anak yang mempunyai kecerdasan yang rendah.

IQ tinggi akan berbanding lurus dengan pemahaman materi pelajaran.

IQ rendah susah dalam memahami pelajaran dan harus dibantu dengan belajar yang tepat dan perlu diulang-ulang sampai siswa benar-benar paham.


Faktor Penghambat dari luar


1. Materi Pelajaran

Materi pelajaran berhubungan lurus dengan minat dan intelejensi seseorang.

Apabila seseorang yang mempunyai minta tinggi terhadap pelajaran tertentu, maka materi pelajaran yang berat pun juga mudah di pelajari.

Seperti mempelajari puluhan buku tebal yang mengharuskan siswa belajar akan menumbuhkan minat dalam belajar.

Lalu bagaimana jika seseorang kurang mempunyai minat belajar?

Hal ini tentu akan menghambat dalam proses belajar. Sebab materi pelajaran yang berat cenderung seseorang enggan untuk mempelajari lebih dalam isi dari materi pelajaran itu.

2. Bunyi suara yang gaduh

Ketika kita dihadapkan dengan suara gaduh dan mengganggu proses konsentrasi kita dalam belajar, maka dalam kondisi itu kita akan kesulitan dalam fokus belajar.

Suara gaduh membuat fokus pikiran mengikuti suara itu dan tentu buyar deh Belajar.

3. Ruangan yang panas dan pengap

Coba kita belajar di ruangan yang panas dan pengap dan apa yang terjadi?

Kita akan gelisah dan murang-muring ngedumel (menggerutu) sebab ruangan belajar mempengaruhi daya konsentrasi kita.

4. Gangguan dari teman

Saat belajar kita kedatangan teman bermain maka konsentrasi kita juga bisa buyar akibat dari gangguan dari luar.

Kondisi demikian banyak membuat kita kehilangan waktu dalam mempelajari pelajaran dan mengganggu proses belajar.

5. Bunyi Hp berdering

Hp yang sering berbunyi saat belajar tentu mengganggu belajar oleh sebab itu kebiasaan menerima panggilan lewat chat dan telepon pada hp tentu mengganggu kalian, bukan!

Gangguan lewat hp banyak membuang waktu dan energi dalam belajar.


Cara cepat memahami sesuatu pelajaran


Penting dalam pemahaman ketika belajar sebab tanpa memahami maka kalian kesulitan dalam mengetahui isi pelajaran itu.

Coba gunakan cara untuk memahami dalam belajar seperti berikut:

Belajar memahami


Memahami dalam belajar memang penting untuk mendalami isi materi pelajaran sehingga siswa bisa mudah dalam mempelajari sesuatu

Belajar mengingat


Coba rangkum topik bahasan menjadi poin penting dan ingat alur belajarnya pasti sobat mudah dalam mengingat pelajaran dengan mengacu pada poin-poin itu.

Contoh:

Belajar sejarah Indonesia, rangkum tiap bab menjadi poin-poin misal hari kemerdekaan, sejarah perjuangan, tokoh dalam kemerdekaan Indonesia, kronologi peristiwa penting dalam sejarah.

Nah jika dibuat poin-poin penting, maka mudah mengingat.


Manajemen Belajar praktis


Belajar praktis dengan membaca
Memahami materi pelajaran itu mudah-mudah gampang asal sobat membuat poin penting, maka mudah kok mengingat materi pelajaran itu.

Gunakan waktu yang efisien dalam belajar agar ketika Anda belajar tidak menghamburkan waktu dalam belajar lebih efisien.

Belajar lebih efisien jika kita membuat poin-poin penting yang hendak kita pelajari dalam belajar sehingga mudah dan praktis.

Caranya gimana?

Cara mudah dan praktis yaitu buat waktu misal Anda belajar sejarah targetkan belajar dengan waktu 2 jam dan sudah membuat poin-poin penting agar mudah diingat sehingga dalam waktu 2 jam sobat sudah menguasai materi pelajaran itu.

Belajar otodidak 


Belajar otodidak itu belajar sendiri tanpa guru dan mendapatkan resensi dari sumber manapun sehingga daya kreativitas sobat akan berkembang ketika mempelajari sesuatu.

Hambatan dalam belajar otodidak adalah tidak ada guru yang membimbing sehingga sobat ya harus belajar sendiri dan memahami dengan disiplin ilmu sobat yang Anda kuasai.

Pada umumnya belajar otodidak lebih lama daripada belajar dengan guru, asal Anda mempunyai kemauan kuat belajar dengan cara otodidak juga disebut belajar praktis juga.

Minat belajar tinggi


Jika Anda mempunyai minat yang tinggi dalam mempelajari sesuatu tetapi guru yang membimbing tidak ada jadi belajar itu tidak jadi masalah asal Anda menguatkan pondasi dasar dalam memahami suatu hal yang baru.

Coba cari buku terkait dengan minat baca Anda, misal Anda mempelajari buku pemrograman android maka buku yang terkait dengan buku android bisa Anda coba untuk latihan otodidak.

Baca: Kurang Semangat dan bosan karena kurang minat
Nah buku yang terkait seperti:
  • Buku pemrograman Java
  • Buku OOP Java
  • Buku android studio
  • Buku coding xml
  • Dll



Belajar tidak mengenal waktu


Ketika minat Anda tinggi pada suatu pelajaran maka ketika belajar Anda akan menjadi workholic artinya belajar tanpa mengenal waktu dan kapanpun itu bisa dilakukan.

Belajar dengan cara ini membantu sobat dalam menguasai materi pelajaran yang berat dan harus dilakukan dengan sering mengulang-ulang dalam membaca dan membaca.

Belajar tanpa mengenal waktu ini bisa dilakukan sesuai passion dan minat yang tinggi untuk belajar.

Sehingga bacaan itu akan tertanam kuat dalam memori atau ingatan Anda. Hal ini bagus dalam mudah dalam memahami pelajaran tanpa mengenal waktu.

Kemampuan memahami tinggi


Kemampuan belajar ini akan berkembang jika ada minat yang kuat dan kesadaran untuk belajar tanpa ada paksaan darimanapun sehingga belajar menjadi menyenangkan dan hasil dari belajar tentu membuat sobat mudah dalam belajar dengan metode praktis ini.