<!----><head> Page Not Found
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motivasi Belajar Saat Kehilangan Mood

semangat dan motivasi belajar


Sobat angkringan sosial lama kita tidak jumpa, disaat kita kehilangan mood maka semua yang kita jalani menjadi tidak semangat. Nah disini saya mau berbagi wawasan tentang motivasi belajar agar semangat hidup menjadi meningkat dan tidak ada kendala dengan keadaan yang mendera.

Wajar dong namanya manusia pasti ada saatnya kita bosan, kehilangan mood, tentu yang tidak baik jika kehilangan semangat belajar sehingga apa yang menjadi kewajiban kita menjadi terbengkalai.

Jika kehilangan mood itu hanya satu hari saja sih ga masalah, tapi kalau kehilangan mood ini menjadi kan hari demi hari berlalu tanpa belajar, wah tentu kita akan kehilangan gairah hidup dan prestasi belajar menjadi pudar.

Ketika Anda kehilangan motivasi belajar dan kehilangan gairah tentu harus di manajemen agar negatif mood atau bad mood itu tidak berlama-lama hinggap di dalam diri Anda, salah satu cara yang mudah dalam memacu semangat belajar adalah

1. Manajemen mood
2. Tahu posisi kita
3. Memahami hak dan kewajiban
4. Rileksasi sejenak



Motivasi Belajar Ketika Kehilangan Mood



Manajemen Mood


Saat Anda kehilangan mood karena faktor dari kecewa, sedih dengan sesuatu, perasaan bersalah, kehilangan sesuatu, kesal karena dimarahi oleh bos, dll itu pasti membuat mood kalian dalam belajar hilang sehingga saran saya Anda harus melakukan manajemen mood biar masalah tidak berlarut-larut.

Cara melakukan manajemen mood adalah:

Cari warna yang cocok dengan kamu


Memilih warna seperti pakaian, cat rumah, tempat sekitar, buku yang berwarna kontras dan terang menyebabkan mood kalian menjadi kacau.

Kenapa demikian???

Sebab setiap manusia mempunyai warna yang klop atau cocok dengan kepribadiannya, tentu warna disini adalah sesuatu yang sering kamu lihat dan rasakan. Baca: Filosofi usaha dan belajar dari bayi

Nah, warna merah kebanyakan orang yang marah, kecewa, sedih membuat mood menjadi bertambah kacau, sehingga hindari warna-warna yang terlihat merah, kontras di pandangan kamu sebab memicu stres tingkat tinggi.

Sedangkan warna biru itu menyejukkan dan ketika kamu sedang galau, sedih, kecewa, bad mood saya sarankan lihat warna biru dan rasakan bahwa biru itu menyejukkan dan menyenangkan hati.

Jika kurang tertarik dengan warna biru karena kepribadianmu adalah hijau maka bisa juga warna hijau kamu lihat agar mood kalian menjadi normal.

Sehingga banyak orang yang galau dan stres biasanya lari ke sawah yang hijau melihat indahnya sawah, biru nya langit, segarnya udara dan angin yang sepoi-sepoi dapat menghilangkan bad mood sampai 60%.

Setengah jam melihat pemandangan alam itu cukup untuk menyegarkan jiwa yang kacau sehingga dengan melihat warna itu maka mood kalian menjadi normal.

Lakukan Irama nafas


Kebanyakan sih orang yang sedang kacau mood penurunan nadi dan peningkatan napas, sebab napas ini menjadi sesak oleh perasaan yang kacau, sedangkan nadi menjadi turun karena aliran darah terganggu oleh perasaan itu sendiri.

Jadi lakukan kombinasi latihan napas dan warna bersama-sama, saat Anda melihat hijaunya persawahan atau ladang maka tarik napas dalam-dalam beberapa kali sampai rasa sesak itu hilang dan hembuskan dengan pelan-pelan sambil bersyukur dalam hati, aku harus belajar, aku harus sukses.


Tahu Posisi Kita

Jika Anda tahu bahwa posisi kita sedang galau maka obat galau itu tidak bisa dicari di apotek atau toko obat karena akan menjadi bahan canda tawa orang yang mendengar.

Jadi sobat angkringan sosial harus tahu bahwa posisi stres dan bad mood itu bisa di kendalikan jika posisi kita diatas, maksudnya jangan berlarut-larut dan kelamaan dalam kehilangan mood, Anda harus sadar bahwa posisi ini membuat Anda susah untuk bangkit, sehingga Anda harus melakukan reset pikiran agar bisa mencapai kesuksesan dalam belajar dan sukses dalam karir tentunya.

Lebih baik Anda tahu posisi jika sedang stres, kecewa dan galau segera hipnotis diri kita dengan perkataan sugestif yang membuat Anda semangat dalam belajar.

Contoh:

Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik lagi dari hari ini, Saya harus bisa dan bangkit, belajar untuk meraih impian dan cita-cita



Memahami hak dan kewajiban


Setiap aksi pasti memiliki reaksi, maka apabila Anda mengejar hak saja seperti gaji, uang jajan, pesangon, dll tanpa melaksanakan kewajiban itu sama seperti ingin enak ga ingin susahnya.

Dalam sekolah, ujian dan pelajaran guru selalu memberikan wawasan yang penting kepada muridnya agar kita harus semangat belajar dan lulus dengan nilai yang tinggi, itu sih harapan guru dan orang tua kita.

Hak murid atau siswa adalah mendapatkan nilai yang bagus, dapat tambahan uang jajan dari orang tua karena prestasi.

Kewajiban murid adalah belajar, mendengarkan guru di kelas, masuk sekolah, mengisi absensi, ikut peraturan di sekolah.

Nah, jika Anda seorang murid yang bijaksana harus bisa memilih dan memilah mana yang menjadi hak dan kewajiban, dengan mengetahui itu maka semangat belajar menjadi tumbuh dan motivasi belajar ada.


Rileksasi Sejenak

Ketika Anda penat dengan rutinitas belajar, saya sarankan setiap setengah jam lakukan rileksasi sejenak, contoh yang mudah sih peregangan tubuh agar tubuh tidak mudah kram dan pikiran sejenak di istirahatkan cara ini dapat menghilangkan negatif thingking.

Cara mudah agar semangat belajar tumbuh adalah belajar setengah jam, rileksasi 5 menit kemudian belajar lagi dan ulangi rileksasi itu sampai waktu belajar usai.

Mungkin itu saja tips yang bisa menumbuhkan semangat belajarmu, semoga sukses..