<!----><head> Page Not Found
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Reset Pikiran Anda Untuk Mencapai Kesuksesan Dan Kebahagiaan.

berkaca diri di depan cermin dan reset Pikiran Anda Untuk Mencapai Kesuksesan Dan Kebahagiaan.


Mental Blok

Seseorang yang hidup dalam tekanan, selalu pesimis, tidak ada semangat hidup, hidup penuh dengan tekanan, tujuan tidak pernah berhasil, mimpi selalu kandas, hasrat untuk bangkit selalu terkekang, dll maka ada yang salah dengan hidup Anda.


Cerita di Angkringan


Tiba-tiba Paijo datang ke Angkringan dan duduk di tikar, aku ikut nimbrung, kulihati wajahnya merengut sambil berkeluh kesah tentang pekerjaannya, dia bercerita sudah kerja-keras banting tulang namun susah untuk menjadi kaya dan bahagia.

Ujung - ujungnya dia malah banyak hutang dan sekarang kurang bersemangat untuk bekerja.

Kemudian Pak Guru ikut nyeletuk untuk ikut menyimak obrolan kami dan beliau menjelaskan permasalahan Paijo dengan kacamata Psikologi.

Pak Guru : "Jo cita-citamu apa?" Tanya pak Guru.
Paijo : "Cita - cita ku ingin menjadi Pilot waktu kecil, namun sekarang aku jadi pedagang Sari Laut". hehehe... (sambil tersipu malu menggaruk kepala belakangnya dan hidungnya menjadi merah tanda malu).
Pak Guru: "Apa kamu pernah di marahi ibumu waktu masih kecil untuk tidak menjadi Pilot ?"
Paijo: "Ya, pernah sih sampai beliau bilang ke aku bahwa jangan mimpi yang terlalu tinggi karena kita ini tulang keras untuk makan aja susah apalagi jadi Pilot".
Pak Guru : Tersenyum kecil.

Kemudian Pak Guru menjelaskan tentang mental blok. Dan saya sempurnakan uraian Pak Guru dan pengalaman pribadiku menjadi program pikiran untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan.


Apa Itu Mental Blocks?


Mental block adalah hambatan secara mental / psikologis yang menyelubungi pikiran seseorang. Dia dapat muncul dari kekeliruan pengalaman hidup / pergaulan, sisa traumatik masa lalu, sisa luka batin, sisa pengalaman yang tidak mengenakkan ketika kecil maupun karena kekeliruan atau kesalahan (kekurang tepatan cara pandang / anggapan terhadap sesuatu bahkan akibat cara belajar/ pendidikan yang tidak tepat).

Kemunculan (manifestasi) bisa berbentuk kecanggungan bertindak, kesulitan berbicara (apalagi di depan umum), kesulitan mengaktualisasikan diri (walaupun sebenarnya memiliki berbagai kelebihan, misalnya kecerdasan/ kemampuan lain), kadang juga muncul dalam bentuk sindrom“inferior complex” / sindrom rendah diri.

Mental block adalah limiting belief atau kepercayaan yang menghambat dan berasal dari pembelajaran saat kita tumbuh, berkembang dan berinteraksi dengan lingkungan.

Mental block juga bisa disebut sebagai sabotase diri. Disebut sabotase diri karena orang terus akan sulit untuk maju dan berkembang. Sesuatu dalam pikiran melakukan sabotase diri sehingga mengancam dia agar mendapatkan keamanan.

Proses Pemrograman Pikiran Manusia


Proses pemrograman pikiran sebenarnya telah terjadi sejak seorang anak masih di dalam kandungan ibunya, sejak ia berusia 3 bulan. Pada saat ini pikiran bawah sadar telah bekerja sempurna, merekam segala sesuatu yang dialami seorang anak dan ibunya. Semua peristiwa, pengalaman, suara, atau emosi masuk ke dan terekam dengan sangat kuat di pikiran bawah sadar dan menjadi program pikiran.


Artikel Terkait: Paradigma Berpikir Manusia


Saat kita lahir, kita lahir hanya dengan satu pikiran yaitu pikiran bawah sadar. Bekal lainnya adalah otak yang berfungsi sebagai hard disk yang merekam semua hal yang kita alami. Sejak lahir, dan sejalan dengan proses tumbuh kembang, kita mengalami pemrograman pikiran terus menerus, melalui interaksi kita dengan dunia di luar dan di dalam diri kita.

Pada anak kecil, yang memprogram pikirannya adalah terutama kedua orangtuanya, pengasuh, keluarga, lingkungan, guru, TV, dan siapa saja yang dekat dengan dirinya. Saat masih kecil pemrograman terjadi dengan sangat mudah karena pikiran anak belum bisa menolak informasi yang ia terima. Ketidakmampuan memfilter informasi ini disebabkan karena pada saat itu critical factor, atau faktor kritis, dari pikiran sadar belum terbentuk. Kalaupun sudah terbentuk critical factor masih lemah.

Pemrograman pikiran saat anak masih kecil terjadi melalui dua jalur utama yaitu melalui :
  1. Imprint
  2. Misunderstanding.


proses pemrograman pikiran anak kecil


Imprintis a thought that has been registered at the subconscious level of the mind at a time of great emotion or stress, causing a change in behavior.

Artinya imprint adalah apa yang terekam di pikiran bawah sadar saat terjadinya luapan emosi atau stress, mengakibatkan perubahan pada perilaku.

Misunderstanding adalah salah pengertian yang dialami seseorang saat memberikan makna kepada atau menarik kesimpulan dari suatu peristiwa atau pengalaman.

Baik imprint maupun misunderstanding, setelah terekam di pikiran bawah sadar, akan menjadi program pikiran yang selanjutnya mengendalikan hidup seseorang.

gambaran alam sadar dan alam bawah sadar manusia




Penyebab Orang Gagal Meraih Kesuksesan


Penyebab seseorang gagal meraih kesuksesan dan kebahagiaan karena adanya mental block :


Penyebab Mental Blok adalah pikiran negatif. Program negatif bisa saja masuk ke pikiran kita baik sadar maupun tidak sadar dalam kehidupan kita sehari-hari.

Sumbernya dari :
  1. Lingkungan
  2. Keluarga
  3. Pergaulan
  4. Acara TV
  5. Pemikiran kita sendiri
  6. Dll

Penyebab umum mental blok:

Doktrin yang salah


Program negatif ini sangat berbahaya apalagi jika sudah tersimpan di pikiran bawah sadar kita baik secara sadar maupun tidak disadari.

Contoh:

Secara tidak langsung orangtua tersebut sudah menanamkan program negatif kepada anaknya yaitu “Mimpi yang besar hanya dapat diraih oleh orang kaya”, yang menyebabkan mental blok terhadap sang anak sehingga susah untuk kaya.

Pengalaman yang buruk

Bisa menyebabkan munculnya program negatif sehingga terjadi mental block ini. Karena pengalaman masa lalu yang buruk atau terjadi insiden sehingga menyebabkan heterosugesti yang menyebabkan trauma berulang. Akibatnya orang akan kehilangan rasa.

Contoh:

Seorang anak yang melihat insiden kecelakaan mobil yang menyebabkan pengendara meninggal, dan anak tersebut melihat dengan matanya bagaimana kejadian itu berlangsung. Dari insiden itu ketika anak tersebut belajar mengendarai mobil, dia tidak bisa-bisa. Padahal dia sudah bolak balik les mengemudi dan dinyatakan lancar, sudah memiliki SIM A dengan ujian resmi. Tapi ketika dia di suruh membawa mobilnya sendiri, dia merasa tidak bisa terus.

Perkataan negatif yang sugestif

Jadi berhati- hatilah jika kita mengatakan sesuatu kepada anak atau seseorang. Karena Sugesti Negatif bisa menyebabkan mental blok atau dia akan menyimpulkan sehingga menjadi auto sugesti negative.


Contoh:

Seorang anak yang terlahir dari keluarga yang kurang mampu atau miskin. Anak tersebut memiliki cita-cita menjadi seorang pilot. Tetapi karena orangtuanya saja susah untuk menyekolahkan sampai lulus SD, orangtua nya berkata kepada si anak agar jangan bermimpi terlalu jauh.

Akhirnya si anak mengalami mental blok, sang anak jadi takut bermimpi untuk menjadi seorang pilot. Anak tersebut membuang jauh-jauh mimpinya tersebut dan tidak mau memikirkan untuk menjadi seorang pilot kembali.


Pengaruhnya Mental Block Terhadap Diri Kita

Efek buruk mental blok terhadap perilaku dan tindakan kita sehari-hari, antara lain:

  1. Selalu pesimis
  2. Tidak percaya diri
  3. Takut
  4. Sulit mencapai goal
  5. Selalu gagal
  6. Pasrah dan Frustasi

* Catatan : Tidak Semua Mental Block itu Negatif. Ada pula yang positif. Selama Mental Block itu tidak menghambat kita, ya biarkan saja jangan diotak-atik

Contoh:

Anda telah berkeluarga. Dan ada kesempatan untuk selingkuh namun Anda tidak mau. Alasannya bisa macam-macam. Bisa takut dosa, takut masuk neraka, takut malu, takut ketahuan, bisa karena Anda tidak ingin melukai hati pasangan Anda, atau Anda setia pada janji pernikahan Anda, atau alasan apapun. Yang pasti, ada satu program pikiran yang menghambat Anda melakukan sesuatu. Mental blok ini tentunya perlu dipertahankan.

Terjadinya kejahatan bisa disebabkan karena faktor N dan K yaitu Niat dan Kesempatan yang telah saya ulas di artikel sebelumnya.

banyak beban pikiran dan beban hidup seperti block beban



Cara Mengatasi Mental Blok


Maka untuk mengatasi masalah pikiran ini harus diselesaikan dengan cara efektif dan efisien dimana jika berlarut-larut akan mengganggu produktivitas, semangat kerja, hilang harapan, dll dengan cara sebagai berikut:

  1. Membaca pengalaman baru, belajar dan belajar.
  2. Motivasi diri dengan kalimat sugestif positif.
  3. Menulis impian secara spesifik.
  4. Melakukan afirmasi positif / Self Talk.
  5. Melawan rasa takut dengan tindakan nyata.
  6. Bakati diri dengan terus belajar.
  7. Membuka diri untuk melihat peluang.
  8. Hypnotherapy : Forgiveness, Reframing, Visualisasi.


Cara Kerja Mental Block


Ibarat komputer, pikiran kita berisi program - program yang penting dan tidak penting. Program ini sudah lama terpasang sejak kita masih kecil. Ketika ikut seminar/training kita diberikan program baru. NAMUN, kadang program baru tersebut bentrok atau bertentangan dengan program lama.

Ambil gelas isi kopi. Lalu tuangkan satu gelas teh ke dalamnya. Apa yang terjadi : jelas tumpah, tidak semua teh yang bisa ditampung gelas. Coba cicipi isi gelas tersebut sekarang ? rasa apa ? teh nya terasa ga ? tidak, lebih terasa kopi kan!.

Itulah kenapa ada orang yang sudah ikut seminar/training tapi tidak sukses juga. Bukan karena training/seminar, tapi karena ada MENTAL BLOCK di dalam diri orang tersebut.


Reset Pikiran Untuk Kesuksesan dan Kebahagiaan



Reset pikiran disini agar seseorang mengubah paradigma berpikir yang salah yang disebabkan oleh trauma, insiden yang buruk, pengalaman yang jelek, kejadian yang tidak mengenakkan, dll sehingga hal tersebut tentu mengganggu pikiran bawah sadar dan pikiran sadar manusia dan berakibat hidup tidak sukses dan bahagia.

Para pakar meditasi memberikan salah satu alternatif untuk mengosongkan pikiran sementara dari gemerlapnya dunia, kebisingan dunia, tekanan dunia yang keras, beban pekerjaan yang menyiksa, hidup dalam tekanan, masalah ekonomi yang tidak ada solusi, dll

Dengan mengosongkan pikiran kita, maka alam sadar dan bawah sadar manusia dapat selaras dan seimbang sehingga bekas trauma tersebut bisa di hapus sedikit demi sedikit dan akhirnya timbul kepercayaan diri, penuh semangat, hidup harmoni, selaras dengan tujuan hidup.


Cara Reset Pikiran


Cara Reset Pikiran Untuk Mencapai Kesuksesan dan Kebahagian

  1. Latihan bioenergi atau meditasi secara teratur dan sabar.
  2. Hapus mental blok negatif Anda.
  3. Bentuk kembali (reformasi) kerangka berfikir Anda dengan merubah paradigma berfikir.
  4. Kesadaran adalah realitas dasar. Anda harus menyadari kenyataan.
  5. Menulis impian secara spesifik.
  6. Afirmasi Positif / self talk.
  7. Melawan rasa takut dengan keyakinan kuat / belief.
  8. Terbuka untuk berbagi peluang.
  9. Hipnoterapi dengan Forgiveness, Reframing, Visualisasi.
  10. Rubah wadah Anda ( lingkungan, pergaulan dan pemikiran Anda yang lebih profit).


Artikel Terkait: Kuliah Singkat Bioenergi



Pesan Moral


Salah satu hal yang bisa kami sampaikan disini adalah membantu dan memberikan solusi agar hidup selaras, harmoni dengan alam, jiwa, raga.

Pesan Moral Disini:

  1. Berhati - hatilah dan janganlah bermain-main dengan pola pikir Anda.
  2. Kuasai pikiran Anda maka Anda kendalikan hidup Anda.
  3. Penyebab orang gagal meraih kekayaan dan kebahagiaan hidup karena adanya mental blok.
  4. Penyebab orang selingkuh, korupsi, dan perbuatan negatif lainnya karena adanya mental blok.
  5. Pengalaman masa lalu yang membekas (imprint) menyebabkan orang mengalami traumatik insiden (ketakutan, kegelisahan, rasa tidak tenang) yang susah untuk bahagia.
  6. Reset pikiran Anda dengan latihan bioenergi atau meditasi dan hapus blok mental Anda.