<!----><head> Page Not Found
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Out of the darkness - Keluar Dari Kegelapan

Kisah cerita keluar dari kegelapan hidup di dunia


Keluar Dari Kegelapan


Hai apa kabar ? Semoga Anda sehat di hari ini. Topik kita kali ini mengenai bertahan hidup (survival). Sebelumnya sediakan es Good Day atau segelas kopi hangat untuk menemani hari Anda dalam membaca, selamat menyimak.

Out Of Darkness

Nearly a week passed before the girl was able to explain what had happened to her. One afternoon she set out from the coast in a small boat and was caught in a storm.

Towards evening, the boat struck a rock and the girl jumped into the sea. Then she swam to the shore after spending the whole night in the water. During that time she covered a distance of eight miles. Early next morning, she saw a light ahead.

She knew she was near the shore because the light was high up on the cliffs. On arriving at the shore, the girl struggled up the cliff towards the light she had seen. That was all she remembered. When she woke up a day later, she found herself in hospital. "

Terjemahan

Hampir seminggu berlalu sebelum gadis itu mampu menjelaskan apa yang telah terjadi padanya. Suatu sore dia berangkat dari pantai dengan menumpangi perahu kecil dan terjebak dalam hujan badai yang dahsyat.

Menjelang malam, kapalnya menabrak karang dan gadis itu terpaksa melompat ke laut.

Lalu dia berenang ke arah pantai, selama waktu itu dia berenang untuk bertahan hidup dan menghabiskan sepanjang malam di dalam air dan menempuh jarak delapan mil. Pagi berikutnya, dia melihat cahaya di depannya."

Dia tahu dia sudah dekat dengan bibir pantai karena melihat cahaya di tebing yang tinggi. Saat tiba di pantai, gadis itu berjuang menaiki tebing menuju cahaya yang dia lihat.

Kejadian itu terekam dalam ingatannya. Ketika dia terbangun selama beberapa hari kemudian, dia sadar dan menemukan dirinya telah berada di rumah sakit.


Cara Bertahan Hidup

Manusia adalah makhluk yang diciptakan dengan menggunakan akal pikiran dan hati nurani sehingga derajat manusia lebih tinggi daripada makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya.

Manusia dibekali dengan skill untuk bertahan hidup dengan mendorong dia untuk melakukan daya pikiran dan kreatifitas dalam mengatasi suatu masalah yaitu ancaman, bahaya dan kegentingan.

Bertahan hidup telah diwariskan oleh nenek moyang kita dalam mengatasi masalah yang ada di dalam dunia ini. Khususnya dalam menghadapi situasi kritis yaitu ; Keluar Dari Kegelapan.

Dikutip dari web nya petualang.

Survival

Survival adalah suatu tindakan yang paling awal yang dilakukan oleh setiap makhluk yang hidup untuk mempertahankan hidupnya dari berbagai ancaman,

Survival adalah perjuangan agar tetap hidup.

Apa Itu Survival?

Berasal dari kata survive, yang berarti berhasil / mampu mempertahankan diri dari suatu keadaan buruk / kritis. Survivor adalah orang yang sedang mempertahankan dirinya dalam keadaan yang buruk / krisis .

Sebelum melakukan survival kita lebih dahulu melakukan STOP :


Artikel Lain: IQ Versus EQ


Arti STOP

S = Stop, berhenti
T = Thinking, mulai berfikir
O = Observasi, amati keadaan sekitar
P = Planning, buat rencana tentang tindakan atau usaha yang akan di lakukan


Keluar Dari Kegelapan Atau Bertahan Hidup


S

Size Up the Situation.( Menilai situasi) Menyadari situasi, bahwa kita dalam kondisi bertahan hidup amatlah penting. Dengan begitu setiap gerakan dan perbuatan yang kita lakukan hanyalah untuk tujuan tersebut

U

Use All Your Senses,Undue Haste Makes Waste (Gunakan semua Panca Indera, Jangan membuat sampah)

Gunakanlah semua yang ada padamu. Namun janganlah bertindak terburu-buru tanpa terpikirkan dengan matang, karena gegabah mengakibatkan kesia - siaan

R

Remember Where You Are (Ingat, Dimana kamu berada)Semakin kita mengingat dan mengenali dimana kita berada, makin mempercepat proses kita keluar dari kondisi survival.

V

Vanquish Fear and Panic (Mengalahkan rasa ketakutan dan jangan panic)Kuasai diri anda dari rasa takut dan panik, karena jika tidak itu makin memperburuk keadaan


I

Improvise (Berimprovivasi) Seorang survival dituntut pula bisa berimprovisasi. Baik dari benda yang ada di sekitarnya atau pun yang masih terbawa

V

Value Living (Hargai hidup ) Haragi hidup. Dengan terus menyemangati jiwa anda bahwa anda harus terus hidup

A

Act Like the Natives (Undang-Undang Seperti Pribumi ) Berusaha memahami adat, istiadat, tinglah laku sekitarnya juga sangat penting

L

Learn Basic Skills (Pelajari Keterampilan Dasar ) Dengan memahami kemampuan dasar seorang penggiat alam, khususnya ilmu survival akan sangat membantu kita lebih cepat mengatasi kondisi ini.


Terjadinya Bertahan Hidup

Manusia dibekali dengan akal pikiran, keahlian, pengalaman, perlakuan, dll untuk keluar dari kegelapan hidup.

Keahlian untuk bertahan hidup dengan mendorong kita untuk melakukan daya pikiran dan kreativitas dalam mengatasi suatu masalah yaitu ancaman, bahaya dan kegentingan, kelaparan, masalah hidup, trouble, dll

Faktor Bertahan Hidup

Faktor – faktor yang menjadi penyebab terjadinya survival :
  1. Kehabisan makanan
  2. Kehabisan minuman
  3. Kecelakaan dalam perjalanan
  4. Tersesat di daerah asing atau tidak di kenal

Ada beberapa permasalahan yang akan kita hadapi, yaitu masalah / bahaya yang ada di alam (bahaya obyektif), masalah yang menyangkut diri kita sendiri (bahaya subyektif).


Artikel lain: Pikiran Negatif

Faktor Kita Keluar Dari Kegelapan Hidup

Ada beberapa aspek yang akan muncul dalam menghadapi survival:
  1. Psikologis : panik, takut, cemas, kesepian, bingung, tertekan, dll.
  2. Fisiologis : sakit, lapar, haus, luka, lelah, dll.
  3. Lingkungan : panas, dingin, kering, hujan, angin, vegetasi, fauna, dll.

Faktor Keberhasilan Bertahan Hidup

Ada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam melakukan survival, selain faktor keberuntungan (nasib baik/pertolongan Tuhan tentunya), yaitu:
  1. Semangat untuk mempertahankan hidup.
  2. Kesiapan diri.
  3. Alat pendukung.

Faktor Kebutuhan Bertahan Hidup

Beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi dalam menghadapi survival :
  1. Cuaca
  2. Binatang
  3. Makanan / minuman
  4. Penyakit

Hiduplah dengan segala yang ada disekitar kita, jangan menggantungkan diri pada bantuan orang lain untuk menyelesaikan tugas.

Prinsip Orang Bertahan Hidup

Gunakan pedoman HARUS HIDUP yang berarti :

H - Hadapilah situasi sulit dengan tenang dan bijaksana
A - Akal merupakan senjata ampuh
R - Rasa takut harus dihilangkan
U - Usaha melepaskan diri dari berbagai hal
S - Semangat dan tekad untuk mepertahankan hidup
H - Hormati adat setempat
I - Istirahat
D - Jangan sampai terjebak
U - Usahakan selamat dan jaga kesehatan
P – Praktekkan.


Pengalaman Bertahan Hidup

Saya dulu pernah melakukan survival dan menikmati pemandangan alam bebas bersama 4 orang teman, selama beberapa hari di hutan Panaan, Kalimantan.

Peralatan Bertahan Hidup

Saya mencoba bertahan hidup sampai 3 hari alhamdulilah mampu bertahan hidup dengan berbekal :
  1. Peralatan camping; terpal dan tali panjang.
  2. Tas kecil dan tas punggung.
  3. Perlengkapan masak panci kecil, teflon mini, sendok, dan pisau.
  4. Bahan makanan; beras, good day saset, ikan kering, bumbu saset.
  5. Peralatan navigasi dan lampu; kompas, lampu kepala, lampu portable.
  6. Peralatan bertahan; parang, pisau lipat, gergaji kecil.
  7. Peralatan pakaian; pakaian ganti, sarung, matras kecil.
  8. Peralatan lain; sepatu gunung, sandal outdoor, lotion anti nyamuk, botol mineral aqua, roti, power bank, kantung plastik, handuk. sabun, pasta gigi, minyak tanah dan minyak goreng dalam botol aqua kecil ukuran setengah liter.
  9. P3K mini ; obat luka, plester, gunting kecil,


Saya menebang pohon bambu dan membuat gubuk mini dengan atap terpal dan menjaga dari terpaan dinginnya malam dan derasnya hujan. Pas di hari kedua hujan mengguyur alhamdulilah sedikit membasahi kami.

Jika malam hutan menjadi gelap gulita dan dingin jadi saya cari 3 batu dan kususun menjadi bentuk segitiga dan cari ranting kecil untuk pembakaran jadilah api unggun. Jika memasak nasi kubawa beras dan aku masak di atas api unggun dengan panci kecil.

Lampu portable yang aku punya didesain dengan charger matahari jadi tidak repot untuk ngecash hp ditengah hutan.


sungai panaan di hutan rimba



Air sungai di hutan Panaan bersih dan jernih jadi aku berendam di air sungai yang dingin untuk mandi. Kelihatan berlarian ikan-ikan dan susah untuk kutangkap.

Jadi untuk lauk-pauk aku menjebak ikan dengan memanfaatkan botol bekas air mineral aqua yang kudesain untuk trapping fishatau penjebak ikandan umpannya kutaruh didalam botol dengan sedikit roti sebagai pemanis. Namun sayang aku dapat ikan kecil -kecil dan siput sungai lumayan buat bekal makan.

Pengalaman itu sungguh terekam dalam memoriku sehingga pengen lagi untuk adventure. Salam petualang.


Artikel Lain: Politik Bidak Catur


Pesan Moral

Pengalaman Bertahan Hidup di Hutan rimba dan Kota memang berbeda, tapi prinsip "Survival" diatas jika diterapkan di Kota dan Hutan hampir sama gaes beda perlakuan saja, jika kamu ingin keluar dari kegelapan (kelaparan, kesusahan, penderitaan, kebodohan, dll)
Sumber: Buku Alexander LG - New Concept English