<!----><head> Page Not Found
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopping Made Easy - Kemudahan Berbelanja

pengalaman belanja online dan offline



Kemudahan Berbelanja


Senang bertemu dengan Anda, topik kita kali ini mengenai kemudahan berbelanja. kopi hangat untuk menemani hari Anda dalam membaca, selamat menyimak :

Shopping Made Easy

"People are not so honest as they once were. The temptation to steal is greater than ever before — especially in large shops. A detective recently watched a well-dressed woman who always went into a large store on Monday mornings. 

One Monday, there were fewer people in the shop than usual when the woman came in, so it was easier for the detective to watch her. The woman first bought a few small articles. After a little time, she chose one of the most expensive dresses in the shop and handed it to an assistant who wrapped it up for her as quickly as possible. 

Then the woman simply took the parcel and walked out of the shop without paying. When she was arrested, the detective found out that the shop assistant was her daughter. The girl ‘gave’ her mother a free dress once a week!"


Terjemahan

"Orang-orang tidak begitu jujur seperti dulu. Godaan untuk mencuri lebih besar dari sebelumnya - terutama di toko-toko besar. Seorang detektif baru saja memantau seorang wanita berpakaian rapi yang selalu pergi ke sebuah toko besar di hari Senin pagi.

Pada hari Senin, ada sedikit orang di toko yang berbeda dari hari biasanya, ketika wanita datang, sehingga lebih mudah untuk detektif dalam mengawasinya. Wanita pertama membeli beberapa artikel kecil. Sejurus kemudian, dia memilih salah satu gaun paling mahal di toko dan menyerahkannya kepada asisten yang membungkusnya untuk dia secepat mungkin.

Kemudian wanita itu hanya mengambil paket dan berjalan keluar dari toko tanpa membayar. Ketika dia ditangkap, detektif menemukan bahwa asisten toko adalah putrinya. Gadis 'memberi' ibunya gaun gratis seminggu sekali !"

Belanja Online

Di Zaman sekarang belanja online dan offline merupakan suatu paduan unik dimana orang mempunyai pilihan harus belanja dimana dan harga keduanya bersaing.

So, apa pengalaman berbelanja online dan offline?

Pengalaman Berbelanja Toko Online dan Offline

Didalam dunia nyata kita terkadang membeli pakaian atau pernak - pernik aksesoris baju dan kemeja di toko baju dan bisa memilih dan mencoba sesuai ukuran kita. Terpampang juga tempat untuk mencoba ukuran baju atau disebut kamar ganti. Berfungsi untuk mengganti pakaian dan mencoba ukuran pakaian cocok atau tidak dengan tubuh kita.

Beda dengan belanja Online, seperti di situs : kaskus, matahari mall, tokopedia, lazada, bukalapak, dll
Terpampang baju di layar gadget kita dan dibawah ada tergantung banderol harga sesuai dengan kualitas pakaian tersebut. Untuk ukuran ada yang Small, Medium, Large dan Extra Large. Namun kita tidak tahu apakah cocok pakaian itu kita pakai !

Saya dulu pengalaman pernah membeli kaos di bukalapak dengan ukuran L namun setelah kupakai dia tidak cocok dengan badan karena ukurannya terlalu kecil. Padahal jika aku beli di toko baju ukuran L cocok dengan tubuhku. 

Belanja di dunia nyata kita berhadapan dengan kasir, keliling - keliling mencoba baju, menawar baju terkadang jika tidak ada banderol harga, bersinggungan dengan pelayan toko, membayar pakai uang dan dibungkus dengan plastik atau kertas kado ada uang kembalian..

Artikel Lain: Obat Stres Kolam Jin

Belanja di toko online kita tidak berhadapan dengan pelayan toko, kasir, tidak bisa menawar namun ada situs yang menawarkan kemudahan dalam berbelanja dengan tawar-menawar seperti tokopedia, kaskus, dll. Bayar pakai rekening online atau transfer via ATM bersama, dll. 

Di situs matahari kita bisa mencicil barang dengan online perbulan lewat debit card BCA. Kemudahan tersebut membuat pelanggan terpuaskan dalam hal membeli barang tanpa keluar rumah dan bisa nyambi kerja. Barang dikirim pakai Via Tiki, Jne, Wesel Pos, WU atau jasa pengiriman lainnya. Dan tahunya paketan datang dalam hitungan hari dan disuruh tanda tangan bahwa barang telah sampai kerumah dengan selamat.


Usaha toko online


Di Indonesia sendiri toko online semakin menjamur. Hal itu dikarenakan pengguna internet yang meningkat karena didukung program internet murah serta adanya jejaring sosial yang kian marak terutama dikalangan anak muda. Walaupun sudah didukung oleh banyak fasilitas penunjang bukan berarti tidak ada hambatan sama sekali. Banyaknya pesaing yang kian maju kerap berdampak pada gagal toko online. 

Tingginya tingkat konsumsi di Indonesia yang mau tidak mau memotivasi para pengusaha toko online untuk lebih meningkatkan nilai pada produknya sehingga menjaring sebanyak mungkin pelanggan. Berikut ini beberapa langkah membuat toko online yang baik :
  1. Memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan pembeli, tetapi tingkat persaingan masih rendah.
  2. Menggunakan search engine sebagai marketer sehingga mendapatkan keyword yang dapat dicari orang.
  3. Membuat website yang meyakinkan sebagai alat promosi.
  4. Respon cepat kepada pelanggan. Jadi walaupun wujudnya toko online, tapi istilah “pembeli adalah raja” masih berlaku. Kepuasan pelanggan adalah kuncinya.
  5. Mempunyai mental wirausaha seperti pantang menyerah, berani mengambil resiko, dan selalu mencari peluang.

Artikel Lain: Obat Stres Mengusir Hantu

Pada akhirnya toko online atau toko konvensional sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, tergantung ketertarikan kita dan peluang yang kita dapatkan. Tetapi akan jauh lebih baik jika dua jenis toko ini dapat berjalan. 

Misalnya orang dengan bisnis online yang sudah sukses dan mempunyai banyak persediaan dapat membuka toko konvensional sehingga dapat menjaring pelanggan yang bersedia datang, begitu pula sebaliknya orang yang sudah mempunyai toko konvensional dapat membuat toko online untuk mengembangkan usahanya dan melebarkan sayapnya.


Review untung ruginya mendirikan toko online?

Memang sih jika kita tergantung toko offline aja pasti hasilnya tidak sebesar toko online, lalu apa kelebihan toko online dan offline.

Kelebihan toko online

  1. Menghemat biaya operasi karena toko online tidak harus menyediakan dana untuk menyewa lokasi untuk berjualan.
  2. Pemilik toko online dapat mengoperasikan dimanapun dan kapan pun selama ada koneksi internet.
  3. Jangkauan pasar nya bisa lebih luas karena toko online tidak mengenal batasan tempat, bahkan bisa sampai ke luar negeri.
  4. Tidak harus membayar karyawan untuk menjaga toko karena toko online relatif dapat ditangani seorang diri.
  5. Informasi yang ditampilkan bisa lebih banyak dan lebih menarik sehingga pembeli dapat mendapat gambaran yang lebih baik mengenai produk.
  6. Memudahkan pelanggan memilih barang, bisa dilakukan di kantor dirumah atau dimana saja asal terhubung dengan koneksi internet.
  7. Pada umumnya harga pada toko online relatif lebih murah karena stok yang tersedia jauh lebih banyak.

Artikel Lain: Cara Menjalani Pekerjaan Tanpa Beban


Kekurangan toko online

  1. Pembeli dikenai biaya kirim karena terkadang lokasi pemilik toko online dengan pembeli terpisah jarak yang cukup jauh.
  2. Karena pembeli hanya dapat melihat produk dari foto maka sering terjadi kesalahan pemilihan barang, bisa saja barang yang terlihat di foto tidak sama dengan barang aslinya.
  3. Diperlukan tenaga khusus untuk membentuk toko online, tidak bisa sembarang orang awam karena dibutuhkan pengetahuan dibidang teknologi.
  4. Tingkat kepercayaan pembeli rendah karena tidak keberadaan toko online tidak terlihat secara fisik.


Jadi sobat angkringan bisa memilah dan memilih mana yang dirasa bagus, cocok buat Anda yang menginginkan dimana tempat berbelanja dengan mudah di toko online atau offline??

Pilihan terserah Anda pastinya.