<!----><head> Page Not Found
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

An Exciting Trip - Perjalanan yang menyenangkan


Hujan tak menghalangi menulis artikel, semoga anda tetap semangat,  siapkan secangkir es Good Day atau Kopi untuk menemani hari anda, selamat menyimak :

Perjalanan Yang Menyenangkan

" Saya baru saja menerima sepucuk surat dari kakak ku, Tim. Dia berada di Australia. Dia disana selama 6 bulan. Dan Tim bekerja sebagai mekanik. 

Dia bekerja di perusahaan besar dan sering mengunjungi hampir semua tempat di Australia. 
Dia baru saja membeli mobil keluaran Australia dan pergi ke Alice Spring. Sebuah kota kecil di tengah gurun Australia. 

Dia akan segera mengunjungi Darwin. Dari sana dia akan terbang ke Perth. Kakak ku tidak pernah keluar negeri sebelumnya. Dan dia  menikmati perjalanan yang sangat menyenangkan."


Pengalaman bekerja Tim di Australia telah memberikan gambaran kepada adiknya lewat sepucuk surat bahwa menyenangkan bekerja disana. Baru 6 bulan bekerja dia sudah bisa membeli sebuah mobil dan bepergian kemana dia inginkan.



Pengalaman Menjadi Tenaga Kerja Indonesia


Seperti halnya para TKI (Tenaga Kerja Indonesia)  di luar negeri. Dia datang ke negeri orang untuk mengadu nasib demi sesuap nasi dan secercah harapan hidup yang layak dan lebih baik.

Ada cerita pahit dan ada cerita yang manis dari perjalanan hidup bekerja menjadi TKI di luar negeri.

# Cerita Pahit
Bekerja di luar negeri tidak semudah yang kita bayangkan, hidup disana yang enak dan bisa mengirimi uang untuk anak istri dan sanak saudara di Tanah air.

Pemberitaan di media masa banyak TKI kita yang pulang dengan nama saja / istilahnya meninggal karena dianiyaya majikan, dijadikan budak nafsu juragan, dijadikan pelacur, human traficking, penjualan organ ilegal/diambil organ tubuhnya untuk dijual dipasar gelap, dll

Seperti kisah film Jacky Chan - Shinjuku  Inciden - dirilis tahun 2009 yang bagus untuk disimak:

Jacky memerankan peran sebagai imigran, bernama steelhead.  Dia Imigran ilegal China yang mengungsi karena keterpurukan ekonomi Cina tahun 1990 an.

Bersama ribuan orang, dia mengadu nasib ke Jepang untuk menjadi tenaga kerja asing. Setibanya di Jepang dia bekerja kasar sebagai buruh lepas terkadang menjadi sopir traktor di pertanian.

Dia banyak kenal dengan orang Cina dan Jepang sewaktu bekerja. Dan kenal juga dengan gadis di kampungnya sebut saja bunga yang menjadi pelacur karena tidak adanya keahlian atau skill of life untuk bekerja disana.

Makanya mbak jadi Tenaga Kerja Asing  jika tidak punya skill jangan jual feel, Sruput dulu es Good Day nya, hehehehe...

Jacky sering dikejar-kejar polisi setempat sewaktu kerja lepas dan tidak terbayar gaji karena menghindar dari kejaran Polisi untuk razia KTP.

Sehingga dia sering tidur di jalanan dan menjadi gelandangan.

Sewaktu kerja di Restoran bersama Jie dia banyak belajar bahasa Jepang dan kenal baik dengan pemimpin Gengster Yakuza Jepang bernama Eguchi dan berkat dia, akhirnya Jacky mendapatkan netizen atau kewarganegaraan Jepang.

Kisah Film Selanjutnya anda bisa download dan tonton lewat judul film Shinjuku Inciden

Inti dari Film tersebut betapa kerasnya kehidupan seorang tenaga kerja asing di negara orang lain yang berjuang untuk hidup yang lebih baik dan pahit jika kita datang tanpa keahlian, tanpa tahu bahasa, tanpa tahu tujuan bekerja, tanpa tahu tidur dimana, dan dikejar-kejar polisi setempat karena tidak mempunyai netizen atau KTP.

#Cerita Manis
Banyak juga cerita manis yang patut diacungi jempol seperti Murjasa Solly Pria 54 tahun kelahiran Malang yang menjadi Pengusaha Sukses di Arab Saudi dengan membuka Restoran. Dikutip dari Sindo News:

Dan masih banyak cerita manis untuk dikisahkan dari para TKI kita yang membuahkan hasil nyata.

Pepatah, Kata Bijak, Kata Mutiara Pekerja


Ada Pepatah yang bijak untuk diresapi:
  • Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Hormatilah hukum, adat istiadat budaya orang lain dimana kamu berada
  • Dibalik kesuksesan laki-laki ada seorang wanita yang tangguh dibelakangnya. Keberhasilan seorang wanita adalah ketika dia mampu menemani/membuat pria menuju kesuksesannya.
  • Asumsi dan prasangka adalah sumber dari banyaknya masalah dan kekacauan Kendalikan Pikiranmu maka kamu kendalikan hidupmu
  • Pengalaman adalah guru yang terbaik. Orang sukses adalah orang yang berhasil melewati kegagalan yang sama.

    Artikel Lain:

    Sebenarnya sih kemapanan orang tidak dilihat dari Jabatan dan  harta semata, tapi pengalaman hidup dari perjalanan yang menyenangkan.

    Bekerja dengan orang yang berbeda profesi, kultur, sosial, budaya, intelektual dan berbagi rasa menghasilkan suatu inspirasi dari olah cipta, rasa dan karsa membuahkan suatu karya disitu harta mengikuti kita.

    Pengalaman itu dinamakan An Exciting Trip.

    Pesan Moral

    1. Sebelum anda kerja ukur dulu kemampuan dan kemauan anda
    2. Kerja jadi TKI banyak yang berhasil dan banyak yang gagal
    3. Kesuksesan orang memerlukan proses
    4. Pengalaman adalah guru yang terbaik
    5. Kendalikan pikiranmu maka kamu kendalikan hidupmu
    6. Jangan takut gagal dan memulai tapi takutlah jika anda kaya dan berkembang
    7. Perjalanan yang pahit dan manis itu dinamakan pengalaman yang menyenangkan
    Salam