Rubik Es Good Day
Haus terasa setelah pulang dari nerapi orang. Aku duduk di tikar tidak jauh dari lapak rombong Angkringan sambil menyeruput es Good Day kesukaanku. Sruppp... Hmm.. Enaknya rasa dahaga terobati segar seperti selusin air dingin membasahi tenggorokanku yang kering, hehehe...
Aku tergumam dengan melihat si Iki yang duduk disampingku lihai memainkan kotak kubus berwarna-warni, dengan serius dia memutar jari-jemarinya pada kolom kubus, memutarnya dan akhirnya dari warna acak berubah jadi seragam.
Rubik Es Good Day
Wuih.. Memang dasar yahud si Iki, aku sumringah melihat kelincahan jemarinya, sambil bersandar di tiang lapak Angkringan dia menjelaskan kalau itu permainan Rubik.
Permainan Rubik adalah permainan teka- teki mekanik yang ditemukan tahun 1974 oleh profesor Geometri Erno Rubic berasal dari Hungaria terdiri dari 27 bagian warna-warna kecil yang beputar pada porosnya.
Dengan cepat dia mengacak-acak rubik yang seragam warna jadi acak lagi. Terus menyerahkan ke aku dan menyuruh aku menyeragamkan seperti yang dia praktekkan.
Sudah seribu cara aku utak-atik tapi tidak bisa seragam juga. Dan si Iki pun ketawa melihat kelakuanku.
Dia menjelaskan kalau
Rubik ada rumusnya: harus ada dasar, ada tahapan, ada hitungan, ada putaran, bisa melihat warna, ada kelincahan tangan dan harus mengumpulkan teman warna yang sama, tidak melupakan warna yang berbeda, menyelesaikan putaran dan selesaikan warna yang sama.
Artikel Lain:
Filosofi Rubik Untuk Usaha dan Bisnis
Kalau kupikir-pikir Rubik mempunyai filosofi yang tinggi seperti orang usaha / bisnis.
- Harus ada dasar : mempunyai landasan niat & ilmu dalam usaha
- Ada tahapan : perencanaan yang matang jika salah dalam satu rumus bisa mengulang dari awal.
- Ada hitungan : kalkulasi keluar masuk barang & jasa serta biaya operasional lainnya
- Ada putaran : barang & jasa harus bisa berputar tidak menumpuk di gudang
- Melihat warna yang beda: harus pandai menyiasati terobosan lain dalam usaha
- Ada kelincahan tangan: harus luwes & terampil dalam menghadapi kondisi tertentu
- Mengumpulkan warna teman yang sama : cerdik mencari jalur yang sama untuk kemajuan
- Tidak melupakan warna yang berbeda : jangan melupakan orang yang lain dengan profesimu
- Menyelesaikan putaran: jika barang sudah berputar dinamis cari usaha lain yang bisa berputar
- Selesaikan warna yang sama: sebenarnya kita ini dilahirkan putih, setelah di acak-acak oleh lingkungan kita, gaya hidup kita jadi berwarna-warni dengan warna yang kita pilih berbeda dengan orang lain.
Pertanyaannya:
Apakah suatu saat nanti kita bisa kembali putih seperti awal permainan ??
Salam.