<!----><head> Page Not Found
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membaca Karakter Manusia Yang Berbeda

Mengenal manusia berbeda di suatu tempat


Kenapa manusia mempunyai karakter yang berbeda dan terkadang membuat kita berpikir aneh dengan perilaku seseorang.

Karakter manusia terbentuk dari proses pergaulan yang panjang dimulai dari pergaulan di rumah, di sekolah, di lingkungan saudara, di lingkungan kerja, di lingkungan sosial masyarakat, dll

Hikmah Berteman Dengan Karakter Manusia Yang Berbeda-Beda

Manusia diciptakan oleh Tuhan untuk saling melengkapi dan mengisi ruang kosong di dunia dengan berbeda-beda karakter dan perilaku yang menyebabkan manusia saling mengenal satu dengan lainnya, sehingga manusia merupakan makhluk yang paling unik daripada makhluk lain.

Karakter Keras

Ada teman yang mempunyai sifat keras, kolot, kaku dengan pendirian dan mempunyai ego yang tinggi, apa hikmah keras pada teman terhadap diri kita ini?

Jawaban untuk cerminan diri kita sendiri:

Sebenarnya karakter keras teman itu menunjukkan kepada kita agar berani dan bersikap tegas dengan pendirian kita, tidak goyang diterpa badai dan cacian.

Karakter Lembut

Ada teman yang mempunyai sifat lemah lembut, andap anshor dan selalu lembut dengan perkataan dan perbuatan walau dia ditempatkan ditempat yang keras.

Apa hikmah berteman seperti itu?

Sebenarnya karakter itu menunjukkan kepada kita agar cinta kasih terhadap sesama manusia, memandang manusia yang lain mempunyai derajat yang sama dan menghormati setiap hak yang hidup di dunia.

Karakter Cuek dan Masa Bodoh

Ada teman yang mempunyai karakter cuek dan tidak pernah memperhatikan kita walau kita mempunyai masalah dan memerlukan bantuan untuk menyelesaikan masalah itu, namun setiap kita meminta bantuan, dia malah cuek dan tidak tahu dengan urusan kita.

Apakah hikmah dengan berteman seperti itu?

Sebenarnya Tuhan mengajarkan kita mengenai bagaimana kita harus bersikap perhatian kepada semua orang yang memerlukan bantuan, terkadang kita sendiri selalu acuh tak acuh dengan masalah yang menimpa orang lain.


Karakter Tidak Dapat Dipercaya dan Kata-Katanya Sulit Di Pegang Kebenarannya

Ada teman yang selalu ingkar janji dan setiap berkata susah untuk dipegang kebenarannya dan hal itu seringkali diulangi dalam kehidupannya sehingga banyak orang tidak percaya dengan dia.

Apakah hikmah berteman dengan orang itu?

Sebenarnya Tuhan menunjukkan kepada kita bahwa tidak enaknya dikhianati oleh seseorang yang kita anggap bisa dipercaya omongan dan tindakan, sebaliknya dia menjatuhkan kita.

Jadi mulai sekarang belajar menjadi orang yang dapat dipercaya baik perkataan dan perbuatan.


Karakter Memanfaatkan Kita 

Ada teman yang selalu memanfaatkan kita, memperalat kita, mengadu domba kita.

Apa hikmah berteman dengan orang seperti itu?

Sebenarnya orang itu mendidik kita untuk waspada, tidak teledor, tidak ceroboh, tidak selalu bergantung kepada orang lain dalam melakukan kebaikan.

Artikel Lain: Kisah Perampok Cerdas

Karakter Malas Dan Sering Bolos

Ada teman yang sering kerja selalu bolos kerja, telat kerja dan kerja seenaknya sendiri dan menganggap pekerjaan itu tidak penting baginya.

Apa hikmah berteman seperti itu?

Sebenarnya dia mendidik kita untuk disiplin dengan pekerjaan dan karakter orang pemalas seperti diatas merupakan cermin dari seseorang yang cerdas dalam pekerjaan dan mempunyai ide yang gemilang daripada orang lain yang lebih disiplin dari dia.

Sehingga jangan kaget jika perusahaan kelas atas seperti Google malah mempekerjakan orang yang malas dan tidak disiplin, sebenarnya dalam diri orang seperti itu mempunyai ide yang cemerlang dan brilian daripada ide orang yang disiplin.

Karakter Memainkan Perasaan Orang dan Sering Membully

Ada teman yang sering melukai perasaan orang lain dengan cara mengejek dan menghina orang lain dan hal itu seringkali dilakukan dan membuat orang disekitar menjadi marah dengan perilaku itu.

Apa hikmah berteman seperti itu?

Sebenarnya orang itu mendidik kita agar menghargai setiap rasa dan perhatian dengan orang lain, terkadang kita tidak peka dengan hal itu.

Jika Anda di bully dengan seperti itu, apakah karakter Anda sudah menghargai rasa dan perhatian dengan orang lain.


Karakter Sering Meminjam dan Sering Tidak Bayar

Ada teman yang sering meminjam uang, meminjam benda tetapi tidak pernah dikembalikan dan jika ditanya selalu lupa atau tidak ingat dan mengelak.

Apa hikmah berteman dengan orang itu?

Sebenarnya orang itu mendidik kita untuk waspada dan ingat dengan keuangan kita, menyayangi harta benda kita tapi dalam batas wajar tidak berlebihan.

Nah dari karakter yang berbeda-beda itu mempunyai warna yang jelas dalam hidup supaya sobat angkringan sosial selalu bercermin kepada diri apakah kita merupakan antagonis dari karakter orang lain?