<!----><head> Page Not Found
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Mengganti Ban Sepeda Motor Itu Lebih Bagus Daripada Bocor Terus

biar ban gundul asap dapur mengepul


Pengalaman Tembel Ban


Lama ga jumpa, gimana kabarnya sob ?

Sebelum kita meneruskan membaca artikel ada baiknya jika sobat menyiapkan secangkir kopi Good Day untuk menemani hari Anda dalam membaca.

Aku sering melupakan dengan ban dalam sepedaku, entah karena sering lupa kupakai terus sepedaku dan tidak ingat waktunya harus ganti ban dalam sepeda motor, akhirnya sepeda motor jadi hilang keseimbangan.

Aku lihati di bawah ban sepeda yang tadinya gembung menjadi peyot karena bocor, "waduh... Perjalanan masih jauh bocor lagi, bocor lagi": Gumamku, lalu aku ingat jika 1 hari yang lalu ban sepeda  otorku juga bocor seperti hari ini, sudah 4x aku service di tempat tembel ban, namun tetap saja bocor.

Memang ban luar kelihatan halus seperti artis Indonesia yaitu Titi Kamal, hehehehe... Namun ban bocor terus terusan akan menghambat laju jalan dan menyebabkan kita tertinggal dan kerepotan karena masalah sepele menggonta - ganti dan menembel ban tersu - terusan.

Lalu aku dorong sepeda motorku, lumayan jauh dari tempat tembel ban kurang lebih jalan 2 km baru ada tembel ban, wuihhh.. keringat bercucuran deras pertanda capek harus menuntun sepeda kesayangan ke tempat tembel ban.

Selanjutnya aku meminta kepada tukang tambal ban untuk mengganti semua ban dari ban dalam dan ban luar sekaligus dengan merogoh kocek lebih dalam, ya ga apa - apalah daripada nyusahin nantinya.

Aku juga ingat ada pepatah yang unik untuk diresapi:

" Biar ban gundul tapi asap dapur tetap mengepul". Ya itu kan, jika kita tidak punya duit untuk membeli ban dalam dan ban luar, maka harus bersabar menyisihkan uang agar cepat mengebul terus asap dapur.

Artikel lain:



Kalau kupikir- pikir, ban gundul itu kan bisa membuat kita kesusahan sewaktu perjalanan jauh, sebab medan yang kita lalui belum tentu seindah yang kita bayangkan, mulus dan rata. Ban juga punya sifat kekekalan dimana sering dipakai dan jarang dimaintenance untuk diganti setiap tahun, maka karet ban sepeda motor Anda akan mengeras dan kencang dengan sendirinya, akhirnya jadi kolot sewaktu di congkel di tempat tambal ban.

Ban juga ada masa kadaluarsa dimana, ban yang gundul akan mengalami kerobekan secara halus dan kasar jika si pengguna tidak cepat - cepat menggantinya. Ibarat kaki, ban sepeda motor mempunyai fungsi yang penting dalam menunjang keberlangsungan sepeda motor Agan.

So, jika masih dipaksakan dan masih kolot seperti pepatah diatas, ban gundul asap dapur mengepul, maka siap - siap saja keluar uang banyak untuk membeli ban baru, apalagi velg sepeda motor atau mobil kan mahal harganya jika tidak di maintenance dengan benar akan keluar biaya yang lebih banyak lagi.

Saran Untuk Ban Gundul


Saran saya jika ban sudah umur diatas 1 tahun, walaupun masih bagus kelihatannya, haruslah diganti juga baik ban luar maupun dalam jika punya uang, jika tidak punya uang ya harus menabung atau menyisihkan uang dan bersabar dulu seperti pepatah diatas biar ban gundul tapi asap dapur mengepul.