<!----><head> Page Not Found
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang membuat manusia lalai



Dunia adalah keindahan. Dunia adalah kesenangan. Dunia adalah kenikmatan. Dunia adalah fatamorgana.

Setiap manusia diberi waktu yang terbatas di alam dunia ini. Mereka harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk dapat selamat dan sukses.

Tapi musuh tak akan pernah diam, pagi dan sore mereka bekerja untuk melalaikan manusia. Melalaikan dari tujuan hidupnya, melalaikan dari umurnya yang singkat dan melalaikannya dari kehidupan akhirat yang menanti. Karena itu kita harus tau apa saja penyebab kelalaian manusia. Mari kita simak ayat-ayat berikut,

Penyebab Kelalaian Manusia menurut Al-Qur’an :


Manusia adalah makhluk yang lemah dan tidak luput oleh dosa dimana mencintai dunia berlebihan menyebabkan manusia akan menjadi lalai dan membuat manusia menjadi kehilangan jati diri sebagai manusia.


1. Angan-angan


وَغَرَّتْكُمُ الْأَمَانِيُّ

“Dan kalian ditipu oleh angan-angan kosong.” (QS.al-Hadiid:14)


Manusia egonya terlalu tinggi, dia tidak menyadari kemampuan dan kemauannya. Orang yang tinggi kemauan daripada kemampuan adalah orang yang berangan-angan. Orang yang tinggi kemampuan tanpa kemauan adalah orang yang malas.


2. Kehidupan dunia


وَغَرَّتْكُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا

“Dan kalian telah ditipu oleh kehidupan dunia.” (QS.al-Jatsiyah:35)


Nikmat dunia adalah keindahan, kesenangan. Nikamt dunia adalah Siapa yang menjumpai pagi dan sorenya dengan 3 hal maka telah sempurna kenikmatan dunianya. 

Dia yang pagi dan sorenya dalam keadaan sehat, aman dan memiliki kecukupan untuk hari itu. Tapi jika mereka memiliki yang keempat, maka telah sempurna kenikmatannya di dunia dan akhirat. 

Dan itu adalah Iman. 

“Termasuk dalam kenikmatan adalah keluasan harta, dan yang lebik baik dari itu adalah kesehatan tubuh. Dan yang lebih baik dari kesehatan adalah ketakwaan hati.”

Artikel Lain: Gila atau Tidak


3. Setan


وَمَا يَعِدُهُمُ الشَّيْطَانُ إِلاَّ غُرُوراً

“Padahal setan itu hanya menjanjikan tipuan belaka kepada mereka.” (QS.al-Isra’:64)


4. Orang-orang dzalim


إِن يَعِدُ الظَّالِمُونَ بَعْضُهُم بَعْضاً إِلَّا غُرُوراً

“Sebenarnya orang-orang zalim itu, sebagian mereka hanya menjanjikan tipuan belaka kepada sebagian yang lain.” (QS.Fathir:40)


Artikel Lain: Obat Stres Pengusir Hantu


5. Penyakit hati


وَإِذْ يَقُولُ الْمُنَافِقُونَ وَالَّذِينَ فِي قُلُوبِهِم مَّرَضٌ مَّا وَعَدَنَا اللَّهُ وَرَسُولُهُ إِلَّا غُرُوراً

Dan (ingatlah) ketika orang-orang munafik dan orang-orang yang hatinya berpenyakit berkata, “Yang Dijanjikan Allah dan Rasul-Nya kepada kami hanya tipu daya belaka.” (QS.al-Ahzab:12)